Text
TESIS:Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Bidang Studi PAI Di SMA-IT Wahdah Islamiyah Kecamatan Manggala Makassar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). motivasi belajar siswa pada
bidang studi PAI di SMA-IT Wahdah Islamiyah Kecamatan Manggala Makassar (2).
Prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMA-IT Wahdah Islamiyah Kecamatan
Manggala Makassar (3). pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada
bidang studi PAI di SMA-IT Wahdah Islamiyah Kecamatan Manggala Makassar.
Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey.
Populasi studi adalah siswa SMA-IT Wahdah Islamiyah dengan sampel sebanyak 59
orang. Data diperoleh melalui angket, wawancara dan observasi. Hasilnya kemudian
dianalisis secara deskriptif dan korelasional yang disajikan dalam bentuk tabel.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa motivasi belajar siswa pada bidang studi
PAI di SMA-IT Wahdah Islamiyah tergolong sangat tinggi, yaitu 62,7% untuk motivasi
belajar intrinsik dan 74,6% untuk motivasi belajar ekstrinsik. Prestasi belajar siswa juga
sangat tinggi karena nilai rapor siswa paling banyak terdistribusi pada angka 80 (50,8%)
dan angka 85 (40,7%), selain itu para siswa juga berhasil menyabet prestasi pada
berbagai lomba. Melalui analisis regresi ganda ditemukan bahwa terdapat pengaruh
positif yang signifikan antara motivasi belajar intrisik dan motivasi belajar ekstrinsik
siswa terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI (sig sebesar 0,000). Adapun
besarnya sumbangan bersama (koefisien determinasi) kedua variabel tersebut (motivasi
belajar intrinsik dan motivasi belajar ektrinsik) terhadap prestasi belajar siswa adalah
sebesar 57,2%.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka disarankan kepada para siswa agar selalu
menanamkan kesadaran dalam diri pribadi bahwa belajar itu adalah sebuah kebutuhan.
Para guru diharapkan untuk selalu mengiklaskan niat dalam melaksanakan tugasnya dan
berupaya untuk menemukan cara terbaik dalam memunculkan motivasi ekstrinsik siswa.
Pengelola pendidikan disarankan agar dapat menyediakan kegiatan ekstra kurikuler
(eskul) yang bermanfaat bagi peningkatan motivasi belajar ekstrinsik siswa
Tidak tersedia versi lain