Text
TESIS:Penerapan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada SMP Negeri di Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polman
Tesis ini membahas ‚Penerapan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada SMP Negeri
di Kecamatan Tubbi Taramanu Polman‛. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan keterampilan mengajar guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada SMP Negeri di Kecamatan Tubbi
Taramanu Kabupaten Polman, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan
menghambat serta solusinya dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada
SMP Negeri di Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polman, dan untuk
mendeskripsikan hasil penerapan keterampilan mengajar guru pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan Prestasi belajar peserta didik pada SMP Negeri di
kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif artinya, mengungkap situasi
sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, untuk membahas
permasalahan tersebut maka dilakukan pengumpulan data di lapangan dengan
menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu interaksi simbolik, dan pendekatan keilmuan
yaitu pedagogis, psikologis dan sosiologis. Adapun sumber data terbagi atas data
primer yang terdiri dari guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah, serta peserta
didik pada SMP Negeri di Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polman dan data
sekunder yang terdiri dari buku-buku, hasil penelitian, dan dokumen lainnya. Teknik
pengolahan data dalam tesis ini terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan dan untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan keterampilan mengajar
belum maksimal yang dilakukan oleh guru Pendidikan agama Islam pada SMP
Negeri di Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten polman. Faktor pendukung adalah
motivasi kepala sekolah, buku-buku paket dan guru aktif dalam kegiatan
Musyawarah Guru mata Pelajaran (MGMP). Faktor penghambat adalah belum
tersedianya sarana dan fasilitas pembelajaran yang memadai, kurangnya minat
peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam,
kompetensi guru masih kurang, masih banyak peserta didik yang belum bisa mengaji
dan kurang lancar serta kurangnya pelatihan guru pendidikan agama Islam. Solusi
yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam penerapan keterampilan mengajar
guru pendidikan agama Islam adalah berusaha membenahi dan mencari alternatif
yang terbaik dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam proses pembelajaran.
Adapun hasil dari proses penerapan keterampilan mengajar guru pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada SMP Negeri dixviii
Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten polman penulis belum menemukan hasil
yang maksimal, hal ini dapat dilihat dari kurang meningkatnya ilmu pengetahuan,
sikap dan nilai kurang dalam hal pengamalan nilai-nilai agama dalam kehidupan
sehari-hari, hal ini juga dapat diukur dari hasil perolehan nilai peserta didik yang
memperoleh nilai kategori di bawah rata-rata kriteria ketuntasan minimal (KKM)
setelah melalui tes/evaluasi semester.
Implikasi dari penelitian ini adalah hendaknya hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai acuan dan masukan kepada guru PAI agar tetap eksis dalam
menerapkan keterampilan mengajarnya. Dan kepada semua komponen sekolah, agar
tetap mendukung penerapan keterampilan mengajar sebagai salah satu cara
menjadikan proses pembelajaran lebih efektif.
Tidak tersedia versi lain