Text
TESIS:Pembentukan Akhlak Mulia Peserta Didik di MAN Tolitoli (Studi tentang Kontribusi Pendidikan Formal)
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pembentukan akhlak mulia
peserta didik di MAN Tolitoli, studi tentang kontribusi pendidikan formal.
Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini berbagai gambaran realitas akhlak mulia
peserta didik di MAN Tolitoli, upaya pembentukan akhlak mulia peserta didik di
MAN Tolitoli sebagai kontribusi pendidikan formal, dan faktor pendukung dan
penghambat pembentukan akhlak mulia peserta didik di MAN Tolitoli dan
bagaimana solusinya.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan termasuk jenis
penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pedagogik, psikologis, dan
sosiologis. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh bersumber dari data primer dan
data sekunder dengan menggunakan instrumen berupa check list observasi, pedoman
wawancara dan blanko dokumentasi. Kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif
sesuai dengan kaedah penulisan.
Hasil penelitian didapatkan bahwa realitas akhlak mulia peserta didik di MAN
Tolitoli belum sesuai harapan, yakni: sebagian peserta didik belum memahami dan
belum mengamalkan nilai-nilai akhlak mulia, peserta didik memperoleh nilai akhlak
kurang memuaskan atau di bawah rata-rata, peserta didik kurang aktif mengikuti
materi ajar agama, dan peserta didik kurang hormat dan kurang patuh kepada guru.
Sehingga guru memberikan bimbingan dalam pembetukan akhlak mulia berdasarkan
pada contoh tauladan yang baik pada peserta didik dan guru mengadakan komunikasi
dengan orang tua peserta didik agar pembinaan akhlak dapat tercapai.
Implikasi dari penelitian ini adalah bagi para pihak yang berkompeten,
khususnya para guru Akidah Akhlak di MAN Tolitoli, hendaknya strategi nasehat,
keteladanan, dan kerjasama dengan orang tua peserta didik lebih diintensifkan dalam
upaya pembentukan akhlak mulia peserta didik. Para Orang tua peserta didik MAN
Tolitoli, hendaknya lebih aktif dalam memberikan perhatian khusus kepada anakanaknya agar anak-anak atau peserta didik tersebut memiliki akhlak mulia
sebagaimana yang diharapkan oleh ajaran Islam. Para peserta didik MAN Tolitoli,
hendaknya lebih giat dan aktif mengikuti nasehat dan bimbingan oleh guru
pendidikan agama Islam, agar sikap dan perilakunya sehari-hari senantiasa
mencerminkan nilai-nilai pendidikan agama Islam atau akhlak mulia.
Tidak tersedia versi lain