Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:‚Penerapan KTSP Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) di SMA Hang Tuah Makassar‛
Penanda Bagikan

Text

TESIS:‚Penerapan KTSP Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Hang Tuah Makassar‛

Imron Zein Arief - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang ‚Bagaimana penerapan KTSP pada Mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Hang
Tuah Makassar‛. Pokok masalah tersebut selanjutnya di-breakdown dalam beberapa
sub masalah yaitu: pertama Bagaimana penerapan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA
Hang Tuah Makassar, kedua Bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMA Hang Tuah Makassar dan
yang ketiga Bagaimana faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam
menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMA Hang Tuah
Makassar serta upaya pemecahannya.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu mengungkap situasi sosial
tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar. Pendekatan dalam
penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Pembahasan diawali dengan
pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumnetasi. Sumber data primer adalah guru PAI, kepala sekolah dan
wakilnya, serta peserta didik. Data sekunder ialah penelusuran berbagai referensi dan
dokumen sekolah. Data yang dikumpulkan diolah melalui tiga tahap yaitu; reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian penulis, ternyata penerapan KTSP di SMA Hang
Tuah Makassar, khususnya dalam mata pelajaran PAI belum maksimal, karena tidak
ada kesiapan tenaga Pendidik Agama Islam dalam mempersiapkan seperangkat
rencana pembelajaran yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan dan
penilaian terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam, sehingga KTSP belum
sepenuhnya dilaksanakan. Pemahaman terhadap KTSP belum maksimal ini terbukti
dengan ketidak mampuan guru dalam mendesain pembelajaran. Masalah yang
dihadapi dan menjadi tantangan tersendiri bagi SMA Hang Tuah Makassar dalam
mengaplikasikan KTSP adalah Guru, yang masih minim pengetahuan dan
pemahaman tentang KTSP sebagai kurikulum baru, implementasi, dan bukuxiii
pegangan. Kemudian peserta didik, yang kurang disiplin, serta tidak tersedianya
buku paket pembelajaran yang dapat membantu memperlancar peserta didik dalam
mempelajari materi-materi yang diberikan guru dalam pembelajaran, termasuk
sarana dan manajemen, sebagai pendukung keberhasilan pendidikan.
Implikasi penelitian ini adalah karena pentingnya kurikulum KTSP di
lembaga pendidikan seperti SMA, diperlukan perhatian serius dari pihak SMA Hang
Tuah dalam menerapkannya pada setiap bidang studi khususnya mata Pelajaran PAI.
Guru yang mengajar PAI dibangkitkan semangatnya untuk lebih aktif dalam
kegiatan pembelajaran, berdasarkan kurikulum yang telah disepakati. Diperlukan
perhatian yang lebih serius terhadap peserta didik, pengadaan referensi yang
sesuai dengan kurikulum KTSP khususnya PAI. Untuk mengatasi ketidakjelasan
tujuan KTSP bagi guru khususnya guru PAI, agar segera dilakukan terobosan baru
dalam rangka lebih memfokuskan perhatian guru, dengan cara memberikan
pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan penerapan kurikulum KTSP di SMA
Hang Tuah Makassar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan
melakukan studi banding ke sekolah yang lebih maju, dalam penerapan kurikulum
KTSP. Perlu diupayakan fasilitas dalam arti sarana dan prasarana yang sangat
dibutuhkan dan mendesak, untuk menunjang terwujudnya hasil yang ingin dicapai
dalam pembelajaran khususnya Mata Pelajaran PAI di SMA Hang Tuah Makassar.
Kelengkapan fasilitas dalam pembelajaran merupakan media dan sangat menentukan
keberhasilan pembelajaran dan tujuan dari materi PAI dan dapat tercapai secara
maksimal.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100210083
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?