Text
TESIS:‚Penerapan KTSP Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Hang Tuah Makassar‛
Tesis ini membahas tentang ‚Bagaimana penerapan KTSP pada Mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Hang
Tuah Makassar‛. Pokok masalah tersebut selanjutnya di-breakdown dalam beberapa
sub masalah yaitu: pertama Bagaimana penerapan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA
Hang Tuah Makassar, kedua Bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMA Hang Tuah Makassar dan
yang ketiga Bagaimana faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam
menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMA Hang Tuah
Makassar serta upaya pemecahannya.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu mengungkap situasi sosial
tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar. Pendekatan dalam
penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Pembahasan diawali dengan
pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumnetasi. Sumber data primer adalah guru PAI, kepala sekolah dan
wakilnya, serta peserta didik. Data sekunder ialah penelusuran berbagai referensi dan
dokumen sekolah. Data yang dikumpulkan diolah melalui tiga tahap yaitu; reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian penulis, ternyata penerapan KTSP di SMA Hang
Tuah Makassar, khususnya dalam mata pelajaran PAI belum maksimal, karena tidak
ada kesiapan tenaga Pendidik Agama Islam dalam mempersiapkan seperangkat
rencana pembelajaran yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan dan
penilaian terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam, sehingga KTSP belum
sepenuhnya dilaksanakan. Pemahaman terhadap KTSP belum maksimal ini terbukti
dengan ketidak mampuan guru dalam mendesain pembelajaran. Masalah yang
dihadapi dan menjadi tantangan tersendiri bagi SMA Hang Tuah Makassar dalam
mengaplikasikan KTSP adalah Guru, yang masih minim pengetahuan dan
pemahaman tentang KTSP sebagai kurikulum baru, implementasi, dan bukuxiii
pegangan. Kemudian peserta didik, yang kurang disiplin, serta tidak tersedianya
buku paket pembelajaran yang dapat membantu memperlancar peserta didik dalam
mempelajari materi-materi yang diberikan guru dalam pembelajaran, termasuk
sarana dan manajemen, sebagai pendukung keberhasilan pendidikan.
Implikasi penelitian ini adalah karena pentingnya kurikulum KTSP di
lembaga pendidikan seperti SMA, diperlukan perhatian serius dari pihak SMA Hang
Tuah dalam menerapkannya pada setiap bidang studi khususnya mata Pelajaran PAI.
Guru yang mengajar PAI dibangkitkan semangatnya untuk lebih aktif dalam
kegiatan pembelajaran, berdasarkan kurikulum yang telah disepakati. Diperlukan
perhatian yang lebih serius terhadap peserta didik, pengadaan referensi yang
sesuai dengan kurikulum KTSP khususnya PAI. Untuk mengatasi ketidakjelasan
tujuan KTSP bagi guru khususnya guru PAI, agar segera dilakukan terobosan baru
dalam rangka lebih memfokuskan perhatian guru, dengan cara memberikan
pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan penerapan kurikulum KTSP di SMA
Hang Tuah Makassar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan
melakukan studi banding ke sekolah yang lebih maju, dalam penerapan kurikulum
KTSP. Perlu diupayakan fasilitas dalam arti sarana dan prasarana yang sangat
dibutuhkan dan mendesak, untuk menunjang terwujudnya hasil yang ingin dicapai
dalam pembelajaran khususnya Mata Pelajaran PAI di SMA Hang Tuah Makassar.
Kelengkapan fasilitas dalam pembelajaran merupakan media dan sangat menentukan
keberhasilan pembelajaran dan tujuan dari materi PAI dan dapat tercapai secara
maksimal.
Tidak tersedia versi lain