Text
TESIS:Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa
Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan pendekatan
yang dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran berjalan lebih produktif dan
bermakna. Pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang
diterapkan di SMP Negeri 1 Parangloe ini menjadi pokok pembahasan tesis ini, dengan
pokok permasalahan yaitu; gambaran implementasi pendekatan contextual Teaching
and Learning (CTL) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1
Parangloe Kabupaten Gowa. Bagaimana kendala dan upaya solutif pengimplementasian
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa. Bagaimana dampak
implementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap
pemahaman peserta didk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1
Parangloe Kabupaten Gowa.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yang bersifat
deskriptif dengan mengacu pada analisis kualitatif, menggunakan beberapa metode yang
dianggap relevan dengan variabel utama yang akan diteliti, yakni pendekatan pedagogis,
sosiologis, psykologis. Adapaun informan atau nara sumber adalah Kepala sekolah,
wakil Kepala sekolah, urusan pengajaran, guru PAI, guru BK, orang tua peserta didik
dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
dokumentasi dan wawancara. Teknik pengolahan datanya melalui tahapa reduksi data,
penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi Pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa terlaksana dengan baik walaupun belum
maksimal. Dalam pelaksanaannya Guru menerapkan kontruktivisme, menemukan,
bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian nyata. 2) Pendekatan CTLxvii
dalam pelaksanaannya mengalami beberapa kendala yang dihadapi oleh guru. Pihak
sekolah berupaya mengatasi kendala-kendala itu dengan memfasilitasinya. 3) Dampak
pendekatan CTL sangat baik, dibuktikan dengan terjadinya peningkatan nilai hasil
belajar peserta didik sampai 10% dan teraplikasi pada perubahan perilaku dan karakter
siswa dalam memahami nilai-nilai yang terdapat dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam. Implikasi penelitian ini, diharapkan kepada guru PAI agar membekali
dirinya dengan pengembangan potensi agar lebih kreatif dan inovatif dalam
melaksanakan tugas yang diembannya.
Tidak tersedia versi lain