Text
TESIS:Upaya Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Pembinaan Akhlak Peserta didik di MTs Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli
Upaya guru dalam meningkatkan efektivitas pembinaan akhlak peserta didik
di MTs Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli. Hal tersebut menjadi pokok pembahasan
tesis ini. Sehingga upaya guru dalam meningkatkan efektivitas dalam pembinaan
akhlak pada peserta didik di MTs Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli sangat menarik
untuk diteliti oleh penulis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui sistem
pembinaan akhlak yang dilaksanakan oleh guru MTs Negeri Tambun Kabupaten
Tolitoli, 2) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap upaya
guru dalam meningkatkan efektivitas pembinaan akhlak peserta didik di MTs. Negeri
Tambun Kabupaten Tolitoli, 3) Mengetahui upaya guru dalam mengatasi faktor
penghambat dan solusinya dalam pembinaan akhlak peserta didik.
Penelitian ini adalah kualitatif, yang menggambarkan hubungan factor-faktor
yang mendukung dan menghambat peran guru dalam meningkatkan pembinaan
akhlak peserta didik di MTs Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli
Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa pembinaan akhlak peserta
didik di MTs Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli, telah direalisaasikan dengan baik
dan memperhatikan faktor pendukung dan penghambat yang ada, serta upaya guru
dalam mengatasi faktor penghambat dan solusinya dalam peningkatan akhlak peserta
didik di MTs Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan: 1) Guru MTs Negeri Tambun
Kabupaten Tolitoli dituntut untuk meningkatkan keteladanan, kedisiplinan, motivasi,
profesionalisme, strategi pembelajaran, hubungan koordinasi dan kerja sama,
pengayaan dan remedial teaching serta evaluasi belajar peserta didik. 2) Guru harus
meningkatkan kinerjanya serta mampu memberikan motivasi terhadap peserta didik
untuk lebih meningkatkan prosese pembelajaran, serta pembinaan akhlak yang
memadai terhadap peserta didik secara tertib dan teratur. Setiap guru dituntut untuk
memiliki pengetahuan tentang pembinaan akhlak terhadap para peserta didiknya
Tidak tersedia versi lain