Text
TESIS:MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN MULTIDIMENSI AL-FAKHRIYAH BULUROKENG MAKASSAR
Tesis ini terdiri dari lima bab, yakni bab I: Pendahuluan, bab II: Tinjauan
Teoretis, bab III: Metodologi Penelitian, bab IV: Hasil Penelitian dan Pembahasan,
dan bab V: Kesimpulan dan Implikasi Penelitian.9
Bab I: Pendahuluan, terdiri dari: 1) Latar belakang masalah. Bagian ini
mengungkapkan berbagai alasan penting mengapa penelitian dilakukan dan
permasalahan apa yang sedang dihadapi PPMF Makassar, sehingga peneliti tertarik
melakukan penelitian. 2) Rumusan masalah, adalah bentuk pertanyaan pokok
penelitian yang mengantarkan peneliti untuk mengetahui lebih jauh lagi apa yang
hendak dicapai dan diketahui dari penelitian ini. 3) Pengertian judul dan fokus
penelitian, menjelaskan setiap pengertian kata yang berkaitan dengan judul dan
memberikan batasan tentang aspek-aspek apa saja yang diteliti dari model
pembelajaran, motivasi belajar, dan respon santri terhadap model pembelajaran di
PPMF Makassar. 4) Kajian pustaka, menggambarkan beberapa literatur pendukung
sebagai acuan teoretis dan praktis untuk menyusun tulisan ini. 5) Tujuan dan
kegunaan penelitian, berisikan tujuan yang hendak dicapai pada akhir penelitian ini
dan mengungkapkan kegunaan penelitian baik secara akademis maupun praktis. Dan
6) Garis-garis besar isi tesis, menguraikan gambaran singkat isi tesis dari awal
hingga akhir tulisan.
Bab II: Tinjauan teoretis, terdiri dari: 1) Model pembelajaran di pesantren,
menguraikan teori tentang model, pengertian pembelajaran, dan model pembelajaran
di pesantren. 2) Motivasi belajar santri, menguraikan teori tentang motivasi belajar,
fungsi motivasi belajar, dan bentuk motivasi belajar santri di pesantren. Bab ini
diakhiri dengan kerangka teoretis, menerangkan tentang teori-teori yang digunakan
untuk menganalisis permasalahan model pembelajaran dan motivasi belajar santri di
PPMF Makassar.
Bab III: Metodologi penelitian, terdiri dari: 1) Jenis dan pendekatan
penelitian, mendeskripsikan jenis penelitian dan beberapa pendekatan yang10
digunakan dalam melakukan narasi terhadap hasil penelitian yang ditemukan. 2)
Lokasi penelitian, menguraikan tentang lokasi yang dijadikan tempat penelitian ini
berlangsung. 3) Sumber data, terdiri dari sumber tertulis dan sumber tidak tertulis.
Sumber tertulis terdiri dari manuskrip, artikel, jurnal, dan hasil penelitian lainnya
serta naskah wawancara yang dilakukan oleh peneliti, sedangkan sumber tidak
tertulis berupa rekaman pembicaraan dengan berbagai informan di pesantren. 4)
Instrumen penelitian, menyebutkan bentuk instrumen yang digunakan dalam
penelitian. 5) Metode pengumpulan data, menguraikan langkah-langkah yang
dilakukan dalam mengumpulkan data di lapangan yang dimulai dari observasi,
wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi. 6) Teknik pengolahan dan
analisis data, menguraikan cara pengolahan data dan teknik analisis yang digunakan.
Dan 7) Keabsahan data, menerangkan tentang apa yang harus dilakukan setelah data
sudah terkumpul, agar proses klasifikasi, analisis, dan penarikan kesimpulan berjalan
dengan baik.
Bab IV: Hasil penelitian dan pembahasan, terdiri dari: 1) Model
pembelajaran di PPMF Makassar, membahas beberapa model pembelajaran yang
diterapkan di PPMF Makassar yang dijadikan sebagai objek penelitian. 2) Motivasi
belajar santri di PPMF Makassar, menguraikan berbagai motivasi belajar yang
mendorong santri PPMF Makassar untuk berprestasi dalam belajar. Dan 3) Respon
santri terhadap model pembelajaran yang diterapkan di PPMF Makassar.
Bab V: Penutup, terdiri dari kesimpulan yang menguraikan sekaligus
menjawab permasalahan yang disebutkan pada awal tulisan ini, dan implikasi
penelitian, berisi uraian tentang implikasi yang ditemukan dari hasil penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain