Text
TESIS:Penerapan Metode Ekspositori pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli
Tesis ini membahas tentang penerapan metode ekspositori pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di MTs Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah. Penelitian
ini bertujuan untuk : 1) mengetahui proses penerapan metode ekspositori pada mata
pelajaran akidah akhlak. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat tentang
penerapan metode ekspositori pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah tersebut. 3)
untuk mengetahui hasil dari penerapan metode ekspositori pada mata pelajaran akidah
akhlak di Madrasah ini.
Penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis,
psikologis dan sosiologis. Metode pengmpulan data yang digunakan adalah : observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data adalah kepala madrasah, guru, dan
peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan tiga
alur kegiatan, yakni : Reduksi data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan dan
pengujian keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode ekspositori pada mata
pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Tambun Kabupaten Tolitoli. Setelah diteliti
penerapannya dalam pembelajaran sudah berjalan maksimal. Karena guru yang
profesional dan mengajar mata pelajaran sesuai dengan latar belakang pendidikannya. 2)
MTs Negeri Tambun memiliki aset yang menjadi paktor pendukung dalam penerapan
guru dan penggunaan sumber belajar akidah akhlak yang tersedia dan tergolong memadai
dalam pemanfaatannya sudah efektif, karena alat pendukung sudah memadai. Namun
disisi lain memiliki faktor penghambat, a) Jika kemampuan guru untuk mendesain
pembelajaran terbatas (kurang), b) Penjelasan guru yang terlalu lama, c) Penggunaan
buku teks yang tidak imajinatif, kaku, penekanan pada belajar faktual dan hafalan, serta
usaha-usaha yang dilakukan oleh pendidik dalam mengatasi hambatan dalam penerapan
metode ekspositori pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri Tambun Kabupaten
Tolitoli.
Implikasi penelitian ini adalah 1) diharapkan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri
Tambun Kabupaten Tolitoli, agar dapat berperan aktif dalam memberdayakan guru
dengan menggunakan metode ekspositori. 2) Hendaknya guru meningkatkan proses
pembelajaran melalui metode ekspositori. 3) Guru diharapkan mempunyai potensi yang
sangat bermanfaat untuk melakukan dakwah, dengan cara menggunakan pendekatan
ekspositori untuk mempersiapkan output yang lebih baik serta menunjukkan
almamaternya dengan memperlihatkan tindakan yang bernuansa agamis.
Tidak tersedia versi lain