Text
TESIS:‚Problematika Aspek-aspek Non Linguistik Pembelajaran Bahasa Inggris pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo‛
Tesis yang berjudul Problematika Non Linguistik Pembelajaran Bahasa
Inggris di Madrasah Aliyah Negeri (MAN Palopo) ini, bertujuan untuk Untuk
mendeskripsikan berbagai permasalahan non linguistik seputar pembelajaran bahasa
Inggris di Madrasah Aliyah Negeri MAN Palopo, dan juga bertujuan untuk
mendeskripsikan langkah-langkah dan upaya mengatasai berbagai permasalahan
tersebut.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan penelitan dengan
menggunakan pendekatan multidisipliner, yaitu pendekatan pedagogis, pendekatan
psikologis dan pendekat filosofis. Penelitian ini tergolong field research dengan jenis
penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan atau
observasi, teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Data tersebut kemudian
dianalisis secara berkesinambungan dengan cara mereduksi data, menyajikan data
dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Problem atau permasalahan non
linguistik yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di MAN Palopo
tampak pada: a) Tujuan; penentuan tujuan pembelajaran, apakah tujuan instruksional
yang mengacu pada kurikulum dan silabus, ataukah tujuan praktis yang berdasar
pada kepentingan dan kemampuan peserta didik, b) Pendidik; baik tuntutan
komptensi maupun penjiwaan profesi, seperti kreatifitas dan keteladanan pendidik
dalam menciptakan proses pembelajaran yang kondusif, c) Peserta didik; dalam hal
kemampuan, minat dan perhatian peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa
Inggris, d) Metode pembelajaran; pemilihan penggunaan metode yang sesuai dengan
materi pelajaran, kemampuan siswa dan tujuan pembelajaran, e) Media; pemilihan
media yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran serta pemanfataannya
yang variatif dan efisien. 2) Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan langkah-xvi
langkah antisipatif dalam mengatasi problem non linguistik pembelajaran yang
dihadapi antara lain: a) Menentukan tujuan pembelajaran melalui rapat kerja
penyusunan KTSP daan pembuatan silabus, menyesuaikan tujuan pembelajaran
dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik, b) Memberikan dukungan kepada
pendidik untuk meningkatkan kompetensi melalui pelatihan dan melanjutkan studi
kejenjang yang lebih tinggi, c) Memotivasi pesrta didik untuk meningkatkan
kemampuan berbahasa Inggris, d) Memotivasi pendidik untuk dapat menggunakan
metode dan media pembelajaran yang efisien.
Dari hasil penelitian, peneliti mengemukakan implikasi penelitian, yaitu:
Probelmatika non linguistik dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) Palopo merupakan hal yang benar-benar terjadi. Akan tetapi,
hal tersebut bukanlah kendala dan hambatan untuk menyusun, mengembangkan dan
menyelenggarakan proses pembelajaran yang kondusif. Untuk itu, Kepala Madrasah
Aliyah Negeri Palopo, Wakamad MAN Palopo bidang kurikulum dan segenap
pendidik, khususnya pendidik mata pelajaran bahasa Inggris untuk terus
menciptakan metode pembelajaran dan lingkungan belajar yang dapat meningkatkan
minat, kemampuan, dan prestasi peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Inggris
Tidak tersedia versi lain