Text
TESIS:Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan Siswa SMK Negeri 1 Galang
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memberikan gambaran tentang penerapan
strategi Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Galang, 2) mengetahui dan
mengungkapkan hasil penerapan strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
pembinaan keagamaan di SMK Negeri 1 Galang, 3) menguraikan faktor-faktor
pendukung dan penghambat pada proses penerapan strategi Guru Pendidikan Agama
Islam dalam pembinaan keagamaan di SMK Negeri 1 Galang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan
teologis normatif, pedagogis,yaitu pendekatan yang beranjak dari konsep dan teori
pendidikan yang bertujuan menemukan keterkaitan data yang ada. Psikologis
menganalisis data terhadap variabel hasil penilitian dengan mempelajari perilaku
peserta didik, dan sosiologis mengambarkan aspek sosial para peserta didik. Adapun
lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Galang, informan yang dijadikan sebagai
nara sumber adalah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Guru mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam, Wali Kelas, Kepala Satap, dan peserta didik itu sendiri.
Teknik pengumpulan data dilapangan menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa Strategi pembelajaran guru PAI
melalui tiga tahapan: Pertama, sebelum dan ketika proses pembelajaran berlangsung,
dimana guru berusaha menguasai melalui pelajaran dengan matang menyiapkan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penataan ruang kelas, memperhatikan
dan mempertimbangkan keadaan peserta didik, mengetahui kemampuan awal
peserta didik an melatih peserta didik berfikir mendalam. Kedua, strategi di akhir
jam pembelajaran meliputi usaha pemberian tes lisan dan tulisan yang berhubungan
dengan materi yang diajarkan. Ketiga, strategi di luar jam pelajaran kegiatan
meliputi pemberian keteladanan dan motivasi kepada peserta didik untuk
memantapkan ilmu pengetahuan dalam bentuk sikap, sifat dan perilaku sehari-hari.
Faktor pendukung yakni pembentukan integritasi diri peserta didikadalah guru
pendidikan agama islam ,tenaga Guru profesional dan faktor Internal dan Eksternal
peserta didik, penghambat adalah perbedaan krakteristik peserta didik, sarana dan
prasarana.
Implikasi penelitian pentingnya meningkatkann dan mengembangkan
strategi inovasi dan kreatifitas pembelajaran (khususnya pembelajaran pendidikan
Islam), pentingnya upaya guru dan dukungan pemerintah dalam meningkatkan
profesionalitas dalam mengajar, dan perlu adanya penelitian lanjutan untukvi
mengukur efektifitas strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam
membentuk integritas diri peserta didik
Tidak tersedia versi lain