Text
TESIS: Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Guru di MTsN 2 Kendari Kecamatan Kendari Kota Kendari
Tesis ini membahas tentang Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Guru di
MTsN 2 Kendari Kecamatan Kendari Kota kendari. Permasalahan pokok yang
diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pelatihan terhadap kinerja
guru di MTsN 2 Kendari Kecamatan Kendari Kota Kendari? Sub masalah yaitu: 1)
Bagaimana kinerja guru di MTsN 2 Kendari Kecamatan Kendari Kota Kendari
sebelum mengikuti pelatihan? 2)Bagaimana kinerja guru di MTsN 2 Kendari
Kecamatan Kendari Kota Kendari sesudah mengikuti pelatihan? 3)Apakah ada
pengaruh yang signifikan antara pelatihan yang diikuti terhadap peningkatan kinerja
guru?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui kinerja guru di
MTsN 2 Kendari Kecamatan Kendari Kota Kendari sebelum mengikuti pelatihan
2)Untuk mengetahui kinerja guru di MTsN 2 Kendari Kecamatan Kendari Kota
Kendari sesudah mengikuti pelatihan 3)Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan
anatara pelatihan terhadap kinerja guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan analisis
Inferensial regresi data yang bersifat kuantitatif statistik dengan tujuan untuk
menguji hipotesis. pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan pedagogik dan
psikologis. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di MTsN 2 Kendari,
populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengikuti pelatihan di MTsN 2
Kendari yang berjumlah 34 responden dengan teknik sampel jenuh. Variabel dalam
penelitian ini adalah variabel X; Pengaruh pelatihan, variabel Y; Kinerja guru.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
quesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan
teknik analisis inferensial regresi dengan uji normalitas dan uji homogenitas data
lalu pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan thitung dan ttabel.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1)kinerja guru
di MTsN 2 Kendari sebelum mengikuti pelatihan memperoleh nilai rata-rata 1025
dengan persentase 30,14%, 2)kinerja guru di MTsN 2 Kendari sesudah mengikuti
xvpelatihan memperoleh nilai rata-rata 1460 dengan persentase 37,51%, 3) pengaruh
yang signifikan antara pelatihan terhadap kinerja guru setelah mengikuti pelatihan
adalah sebesar, 42,93%, jika ttabel thitung maka hipotesis yang diajukan diterima. Hal
ini terdapat signifikan yang positif antara variabel X dan variabel Y. Jadi pelatihan
signifikan terhadap kinerja guru di MTsN 2 Kendari.
Implikasi dari hasil penelitan adalah; 1)para guru harus kerja keras untuk
memperbanyak mencari ilmu dan mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan yang
ada hubungan dengan profesinya sebagai pendidik. 2)Bagi lembaga pendidikan yang
khususnya wadah yang terhimpun dalam ikatan guru, agar senantiasa dalam
mengefektifkan pelatihan secara kontinyu, ini bertujuan agar menambah
pengetahuan dan pengalaman agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.
3)para pengawas atau kepala sekolah, perlu adanya monitoring atau evaluasi kepada
guru terhadap kinerjanya sehingga dapat diketahui sejauhmana tingkat keberhasilan
guru dalam melaksanakan tugasnya baik selaku pendidik maupun sebagai tenaga
pengajar.
Tidak tersedia versi lain