Text
TESIS:Problematika Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Biau Kabupaten Buol
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam problema pendidik
dan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, dan menganalisis
faktor-faktor pendukung dan penghambat serta merumuskan upaya mengatasi
problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Biau
Kabupaten Buol.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif, selanjutnya
instrumen penelitian yang lakukan oleh peneliti sendiri dengan menggunakan
pendekatan pedagogis, psikologis, sosiologis dan filosofis. Metode pengumpulan data
yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi, dengan sumber data
primer adalah guru agama Islam dan peserta didik. Adapun data sekundernya berupa
data pendukung dari berbagai literatur dan dokumen. Analisis data yang digunakan
yakni analisis data kualitatif yang deskriftifkan dengan langkah reduksi data,
penyajian data, verfikasi data dan pengabsahan data dan penarikan kesimpulan secara
induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik dan peserta didik dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Biau mengalami beberapa
problema, yakni kompetensi pedagogik berupa perencanaan pembelajaran, proses
pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi belum sepenuhnya dimiliki dan diterapkan
oleh pendidik dalam pembelajaran, rendahnya minat pendidik dalam pengembangan
diri untuk meningkatkan pengetahuan di bidang ilmu keguruan, belum sepadan
pendapatan ekonomi pendidik dengan tugas guru yang emban, modul dan media
pembelajaran sangat terbatas. Hal lain yang paling mengganggu konsentrasi
pendidik dalam melakukan pembelajaran adalah intervensi pemerintah daerah yang
sudah melampaui abang batas kewenangan. Problema peserta didik dalam
pembelajaran adalah; rendahnya motivasi diri untuk mengikuti pembelajaran mata
pelajaran PAI, pemahaman terhadap mata pelajaran PAI masih relatif rendah,
pengaruh informasi dan komunikasi, serta kurangnya dukungan orang tua peserta
didik. Adapun solusi untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, maka upaya-upayaxiii
dilakukan adalah sebagai berikut: pendidik dapat mengikuti pendidikan dan latihan
sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya pendidik, melakukan pengelolaan
kelas, pengelolaan peserta didik, menggunakan metode yang sesuai dengan
kemampuan daya serap peserta didik, mengoptimalkan penggunaan media yang
tersedia, membenahi sarana dan prasarana serta menata kembali pengelolaan
administrasi keuangan dengan baik, agar pembelajaran pendidikan agama Islam
berjalan lancar, dan dapat menciptakan percepatan peningkatan mutu pendidik dan
peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada
pendidik agar memiliki keinginan yang kuat untuk melakukan pengembangan diri,
demikian juga kepada kepala sekolah agar diharapkan dapat melakukan pengelolaan
sekolah yang lebih baik, khususnya perbaikan sarana dan prasarana serta dapat
melakukan pengelolaan administrasi keuangan yang berbasis manfaat. Selanjutnya
kepada pemerintah agar dapat membuat kebijakan yang lebih adil dan berimbang
berkaitan dengan pembelajaran pendidikan Agama Islam di sekolah dan di madrasah,
kususnya di SMA Negeri 2 Biau Kabupaten Buol.
Tidak tersedia versi lain