Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:‚Penerapan Manajemen Pendidik Pendidikan Agama Islam
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di SMP
Negeri 6 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang
Penanda Bagikan

Text

TESIS:‚Penerapan Manajemen Pendidik Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di SMP Negeri 6 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang

Abdul Halim - Nama Orang;

Penelitian ini membahas tentang ‚Penerapan Manajemen Pendidik
Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di SMP
Negeri 6 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang‛. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui; pertama, proses Penerapan Manajemen Pendidik Pendidikan Agama
Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di SMP Negeri 6 Pangkajene
Kabupaten Sidenreng Rappang, kedua, faktor pendukung dan penghambat Penerapan
Manajemen Pendidik Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Peserta didik di SMP Negeri 6 Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang dan yang
ketiga, upaya mengatasi penghambat dan Hasil Penerapan Manajemen Pendidik
Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di SMP
negeri 6 Pangkajene bupaten Sidenreng Rappang.
Metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif, yaitu mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan
kenyataan secara benar. Untuk membahas permasalahan tersebut, maka dilakukan
pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi
dan wawancara. Sumber data yang diperoleh terdiri dari data primer yaitu seluruh
pendidik pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan wakil-wakilnya dan data
sekunder yaitu penelusuran berbagai referensi dan dokumen sekolah. Data yang
dikumpulkan diolah melalui dua tahap, yaitu penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Dalam mengkaji permasalahan dalam tesis ini, digunakan tiga
pendekatan penelitian yaitu pedagogik, theologis formatif dan psikologis. Adapun
pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan,
meningkatkan ketekunan, diskusi dengan teman dan member check, triangulasi
teknik data, sumber data dan waktu.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan manajemen pendidik
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP
Negeri 6 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang kurang maksimal. Faktor
pendukung UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, UU RI Nomor 14
Tahun 2005 tentang Pendidik dan Dosen, peraturan sekolah, kurikulum, tenaga
pembina, lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dan peran orang tua peserta
didik. Faktor penghambat antara lain belum cukup tersedianya LCD dan OHP serta
penggunaannya yang belum dimaanfaatkan dengan optimal oleh pendidik
pendidikan Agama Islam, belum terpajang hiasan dinding yang bernuansa Islam,
kurangnya jumlah kitab suci al-Quran dan terjemahnya, lingkungan sekolah kurang
rekreatif, dampak negatif media elektronik (internet), adanya kelompok geng di luar
sekolah, dan pengaruh lingkungan. Adapun solusinya adalah melengkapi dan
memaksimalkan media pembelajaran (LCD), mengadakan buku-kubu yang relevan
dengan materi pelajaran PAI, menyiapkan sarana prasana yang dapat menunjang
sumber belajar, mengkomunikasikan segala kebutuhan dengan berbagai pihak,
khusunya pemerharti pendidikan dan membangun kerja sama dengan orang tua
peserta didik. Adapun hasil proses penerapan manajemen pendidik Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah penulis
menemukan adanya peningkatan yang belum maksimal dari hasil belajar pesertaxiv
didik, walaupun dapat ditunjukkan melalui peningkatan pengetahuan, sikap dan
pengamalan yang dibuktikan dengan peningkatan nilai rapor di atas KKM setiap
akhir semester dalam dua tahun terakhir.
Implikasi dari hasil penelitian adalah diharapkan kepada seluruh stakeholder
sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan Pendidikan Agama Islam dan
menambah sarana prasarana serta perlu adanya kerja sama yang baik komite sekolah,
masyarakat/orang tua peserta didik maupun pemerintah yang menaungi bidang
pendidikan dalam mendukung proses penerapan manajemen pendidik Pendidikan
Agama Islam khususnya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP
Negeri 6 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100210076
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?