Text
TESIS: Aplikasi Fungsi – Fungsi Manajemen dalam Mengembangkan MAN 1 Sinjai Utara
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Aplikasi Fungsi-Fungsi
Manajemen dalam Mengembangkan MAN 1 Sinjai Utara”. Adapun sub pokok
masalah yang dikaji antara lain: 1) upaya yang dilakukan MAN 1 Sinjai Utara
dalam mengaplikasikan fungsi manajemen, 2) efektifitas penerapan fungsi
manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 1 Sinjai Utara, dan
3) faktor yang mendukung dan menghambat penerapan fungsi manajemen di
MAN 1 Sinjai Utara dan solusinya.
Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif.
Adapun yang menjadi lokasi penelitian adalah MAN 1 Sinjai Utara, pendekatan
penelitian adalah pendekatan interaksi simbolis dan pendekatan pedagogik, fokus
penelitian yaitu mengacu pada rumusan masalah yang telah dicantumkan secara
definitif, jenis dan sumber data ada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder,
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang
kemudian diolah berdasarkan dengan teknik analisis induktif.
Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah 1) upaya kepala
madrasah dalam menerapkan atau mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen
dalam menjalankan kepmimpinannya di MAN 1 Sinjai Utara termasuk baik.
Kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan di madrasah dalam menjalankan
aktivitas kepemimpinannya mampu mempengaruhi orang lain melakukan
tindakan untuk mencapai tujuan visi dan misi madrasah. 2) Aplikasi fungsi-fungsi
manajemen di MAN 1 Sinjai Utara teraplikasi baik, efektif, efisien, transparan, dan
akuntabel. 3) Faktor pendukung adalah kemampuan yang dimiliki kepala madrasah,
orang tua, sarana dan prasarana, iklim, guru, tenaga kependidikan lainnya, serta
kesiapan dana sehingga mampu melakukan upaya dengan mengontrol jalannya
kegiatan pembelajaran, mengawasi proses pembelajaran setiap kelas, menyiapkan
instrumen pembelajaran, dan menstimulasi guru meningkatkan kinerjanya. Faktor
penghambat antara lain faktor kurangnya pengawasan, faktor dana. Adapun
solusinya adalah merespon perubahan-perubahan yang terjadi dengan melakukan
pengembangan yang cukup dinamis dan strategis agar mampu berkembang sesuai
dengan harapan dan tuntutan masyarakat. madrasah dalam rangka meminimalisir
hambatan pelaksanaan dan aplikasi fungsi-fungsi manajemen adalah faktor eksternal
dan faktor internal. Faktor eksternal yang dimaksud adalah munculnya dukungan
dari orang lain atau bawahannya (guru) sehingga segala kebijakannya terutama yang
berkaitan dengan kemajuan, perkembangan, dan prestasi siswa teraplikasi dengan
baik dan optimal. Sedangkan faktor internal yang dimaksud adalah kemampuan dan
kekuatan (power) yang dimiliki dan muncul atau yang diciptakan dalam diri kepala
madrasah sendiri.
Dari hasil penelitian dalam Tesis berimplikasi: 1) Agar dalam memajukan
dan mengembangkan madrasah yang dipimpinnya maka kepala madrasah harus
memiliki wawasan yang luas dan kemampuan manajerial yang memadai sehingga
mampu mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen pada madrasah yang
dipimpinnya, sehingga madrasah tersebut dapat berkembang, maju dan diminati oleh
masyarakat agar anak-anak mereka dapat menjadikan madrasah sebagai tempativ
utama dalam menuntut ilmu. 2) agar kepala Madrasah Aliyah mampu meminimalisir
segala bentuk hambatan atau rintangan yang menghalangi kemajuan madrasah
melalui pendekatan problem solving (penyelesaian masalah). 3) Hal-hal yang lebih
urgen diaplikasikan adalah memantapkan dan melaksanakan secara kontinuitas
fungsi-fungsi manajemen ke dalam seluruh aspek permadrasahan, termasuk
kemampuan manajerial pengelolaan siswa, pengelolaan kelembagaan, pengelolaan
keuangan dan sebagainya
Tidak tersedia versi lain