Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Peranan Guru dalam Membentuk Akhlak Mulia Peserta
Didik di Madrasah Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan
Pendidikan Islam (GUPPI) Talagae Kabupaten Soppeng
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Peranan Guru dalam Membentuk Akhlak Mulia Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI) Talagae Kabupaten Soppeng

Mardatang - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data objektif di lapangan
tentang peranan guru dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di Madrasah
Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI) Talagae
Kabupaten Soppeng. Permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah:
Bagaimana peranan guru dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di Madrasah
Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI) Talagae
Kabupaten Soppeng, dan Faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat
peranan guru di Madrasah Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam
(GUPPI) Talagae Kabupaten Soppeng dalam upaya membentuk akhlak mulia peserta
didik dan solusinya.
Dengan menggunakan metode kuantitatif serta pendekatan psikologis,
pedagogis, dan sosiologis dan teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi,
analisis hasil angket dan wawancara secara mendalam, maka dari hasil penelitian ini
ditemukan beberapa hal sebagai berikut:
Peranan guru dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di Madrasah
Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI) Talagae. Hal ini
dapat dibuktikan sesuai dengan data yang diperoleh terdapat 20 dari 22 orang
peserta didik (90,90%) yang membenarkan. Hubungan guru dengan peserta didik
terjalin dengan baik dan harmonis, hal ini juga dapat dilihat bahwa 18 orang
responden atau 81,81% yang menyatakan, bahwa hubungan kami dengan guru
sangat baik. Dengan langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam membentuk
akhlak mulia peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan
Pendidikan Islam (GUPPI) Talagae Kabupaten Soppeng adalah berupaya
mengoptimalkan frekuensi pengajaran pada peserta didik serta memberikan contohcontoh yang baik kepada peserta didiknya. Faktor yang mempengaruhi akhlak
peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam
(GUPPI) Talagae adalah: (a). Faktor lingkungan masyarakat serta kurangnya
pengontrolan orang tua terhadap pengaruh hiburan seperti televisi, radio, majalahmajalah serta surat kabar yang berbaur seks, (b). Faktor lingkungan keluarga yang
paling utama dan mendasar dalam pembinaan akhlak peserta didik, dan (c). faktor
lingkungan sekolah.xiii
Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, implikasi kajian yang
memungkinkan dilakukan adalah: (a) diharapkan para pembina/guru-guru di
Madrasah Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI)
Talagae Kabupaten Soppeng lebih mengoptimalkan lagi sistem pembinaannya guna
mencapai tujuan visi dan misi yang di jadikan sebagai barometer (b) Pengelola
pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam
(GUPPI) Talagae Kabupaten Soppeng khususnya, dapat mengintensifkan
kerjasamannya dengan pemerintah dan para pemerhati pendidikan dalam upaya
pengembangan sarana serta media pembelajaran yang diperlukan dalam pembinaan
peserta didik. Pembinaan yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Gerakan Usaha
Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI) Talagae selama ini, lebih berorientasi
kepada ilmu pengetahuan yang bersifat umum. Karena itu, diharapkan dukungan dari
semua pihak khususnya pemerintah dan masyarakat setempat untuk turut serta
memperhatikan kelangsungannya dengan memberi kesempatan kepada para peserta
didik untuk mengembangkan ilmunya terutama ilmu agama Islam.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
Tujuan penelitian in
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2011
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?