Text
TESIS: Kemampuan Baca Tulis al-Qur’an Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Muhajirin Alau Sepe dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelurahan Jennae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data objektif di lapangan
tentang kemampuan baca tulis al-Qur’an santri Taman Pendidikan Al-Qur’an
(TPA) al-Muhajirin Alau Sepe dan pengaruhnya dalam meningkatkan prestasi
belajar pendidikan agama Islam. Permasalahan yang penulis angkat dalam
penelitian ini adalah: Bagaimana kemampuan baca tulis al-Qur’an santri di
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) al-Muhajirin Alau Sepe Kelurahan Jennae
Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng? Bagaimana prestasi belajar
pendidikan agama Islam di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) al-Muhajirin
Alau Sepe Kelurahan Jennae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng? Adakah
pengaruh baca tulis al-Qura’an terhadap prestasi belajar pendidikan gama Islam
di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) al-Muhajirin Alau Sepe Kelurahan Jennae
Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng?
Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu prosedur
penelitian yang beranjak dari pengamatan kualitatif terhadap obyek yang diteliti
untuk menghasilkan data-data deskriptif melalui pernyataan tertulis atau
informasi lisan dari berbagai perilaku responden yang diamati, maka dari hasil
penelitian ini ditemukan beberapa hal sebagai berikut:
Kemampuan baca tulis al-Qur’an santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an
(TPA) al-Muhajirin Alau Sepe Kelurahan Jennae Kecamatan Liliriaja Kabupaten
Soppeng sangat bervariasi, ada santri yang sudah menghafal al-Qur’an surahsurah pendek dan adapula yang masih belajar mengaji (pengenalan huruf-huruf
hijaiyyah). Kemudian tingkat kemampuan santri menulis juga bervariasi
tergantung dari tingkat pemahaman santri terhadap al-Qur’an. Prestasi belajar
pendidikan agama Islam di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) al-Muhajirin
Alau Sepe ini mengalami peningkatan dengan adanya beberapa santri yang
mendapat juara di setiap lomba, adapun prestasi santri yang berkaitan dengan
nilai hasil belajarnya setiap tahunya mengalami peningkatan. Pengaruh baca tulis
al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap
santri adalah sangat berpengaruh karena dengan belajar al-Qur’an santri Taman
Pendidikan Al-Qur’an (TPA) al-Muhajirin Alau Sepe Kelurahan Jennae
Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng mampu tampil di depan masyarakat
baik di acara-acara keagamaan maupun acara sosial di masyarakat.xi
Temuan dalam penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai berikut: 1)
Penelitian yang disusun dalam bentuk karya ilmiah ini diharapkan menjadi input
atau masukan bagi para guru di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) alMuhajirin Alau Sepe Kelurahan Jennae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng
dalam menghadapi santri pada proses pembelajaran. 2) Hendaknya para guru,
khususnya guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) al-Muhajirin Alau Sepe
Kelurahan Jennae Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng lebih
mengintensifkan proses pembinaan baca tulis al-Qur’annya. 3) Penulis
menyarankan agar kehadiran tulisan ini, dapat memberikan sumbangan
pemikiran kepada semua pihak yang membaca khususnya guru yang senantiasa
menghadapi santri dengan berbagai karakter yang berbeda-beda.
Tidak tersedia versi lain