Text
TESIS:“Peranan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja dan Disiplin Guru pada MTs Negeri Sinjai
Masalah pokok penelitian ini adalah “Peranan Kepala Madrasah dalam
meningkatkan kinerja dan disiplin guru pada MTs Negeri Sinjai”. Adapun sub
masalah yang dikaji adalah: (1) Bagaimana gambaran tugas pokok kepala Madrasah
Tsanawiyah Negeri Sinjai, (2) Bagaimana peranan kepala Madrasah Tsanawiyah
dalam meningkatkan kinerja dan disiplin Guru pada MTs Negeri Sinjai, (3) Faktor
apa yang menghambat pelaksanaan tugas kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri
Sinjai dan bagaimana solusinya
Jika diperhatikan judul tersebut, tampak bahwa jenis penelitian ini adalah
field research dengan jenis kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah
pengolahan data yang bersifat induktif, deduktif, komparatif dengan pendekatan
teologis normatif, pedagogik, dan sosiologis. Adapun jenis sumber datanya adalah
berasal dari data primer dan sekunder, Dari data ini kemudian diolah berdasarkan
hasil wawancara
Adapun hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) gambaran tugas pokok kepala
Madrasah Tsanawiyah Negeri Sinjai adalah bahwa kepala madrasah berfungsi dan
bertugas sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan
motivator. Dalam pelaksanaan tugasnya ini kepala madrasah mengedepankan sistem
kerja tim (team work). 2) Kepala madrasah berperan sebagai edukator,
administrator, supervisor, leader, Inovator, dan motivator, sehingga disiplin dan
kinerja guru semakin intensif. Di samping itu kepala madrasah harus memiliki
kemampuan mengatur lingkungan kerja (fisik), kemampuan mengatur suasana kerja
(non-fisik), dan kemampuan menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman. 3)
Faktor penghambat pelaksanaan tugas dan fungsi kepala madrasah pada Madrasah
Tsanawiyah Negeri Sinjai dapat teratasi atas solusi yang ditemukan kepala
Madrasah bersama seluruh stackeholdernya, sehingga hambatan yang menghalangi
pelaksanaan tugas dan fungsi kepala madrasah paling tidak dapat diminimalisir.
Dari hasil penelitian tersebut berimplikasi untuk mengintensitaskan atau
mengaktifkan setiap stackeholder (baik siswa, guru dan tenaga kependidikan
lainnya) dalam mengikuti berbagai kegiatan yang di sarankan dan di jalanankan pada
madrasah, sehingga mereka dapat mengetahui, memahami, dan melaksanakan
kegiatan pembelajaran baik di madrasah maupun di rumah
Tidak tersedia versi lain