Text
TESIS:Peranan Pembelajaran Ko - kurikuler Terhadap Ujian Nasional Siswa SD Negeri 41 Bikeru Kec. Sinjai Selatan Kab. Sinjai
Adapun masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran kegiatan
pembelajaran ko-kurikuler bagi SD Negeri 41 Bikeru Kecamatan Sinjai Selatan 3) memaparkan dampak
pelaksanaan pembelajaran ko-kurikuler terhadap Ujian Nasional bagi Siswa SD Negeri 41 Bikeru
Kecamatan Sinjai Selatan.
Untuk membahas masalah tersebut penulis menggunakan beberapa metode Bagaimana gambaran
kegiatan pembelajaran ko-kurikuler bagi siswa SD Negeri 41 Bikeru Kecamatan Sinjai selatan? (2)
Bagaimana kontribusi pembelajaran ko-kurikuler terhadap Ujian Nasional Siswa SD Negeri 41 Bikeru
Kecamatan Sinjai Selatan ? (3) Bagaimana dampak pelaksanaan pembelajaran ko-kurikuler terhadap
Ujian Nasional bagi siswa SD Negeri 41 Bikeru Kecamatan Sinjai Selatan?
Tujuan dalam penelitian adalah: 1) Mengetahui gambaran kegiatan pembelajaran ko-kurikuler
bagi siswa SD Negeri 41 Bikeru Kecamatan Sinjai Selatan, 2) mengemukakan kontribusi pembelajaran
ko-kurikuler terhadap Ujian Nasional bagi siswa SD Negeri Bikeru Kecamatan Sinjai Selatan.
Metode yang digunakan yakni pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
Dokumentasi dan penelitian ini melalui penelitian kualitatif deskriftif
Hasil penelitian yang diperoleh adalah ko-kurikuler merupakan suatu pembelajaran yang
diberikan guru secara berkelanjutan (terpadu) dari pembelajaran di sekolah sehingga materi yang telah
diajarkan di sekolah menjadi semakin mantap dan semakin dikuasai oleh siswa, oleh karena itu ketika
siswa mengikuti ujian akhir Nasional tidak lagi merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang
diujikan karena mereka sudah paham dan mengerti materi pembelajaran yang disajikan sebelumnya jadi
tidak mengherankan jika siswa si SD Negeri 41 Bikeru kecamatan Sinjai Selatan merupakan sekolah
Dasar yang selalu meluluskan siswanya secara keseluruhan atau 100 persen siswanya lulus dengan
perestasi yang menggembirakan. Materi ko-kurikuler yang diberikan pada kegiatan ko-kurikuler pada
setiap mata pelajaran di SD Negeri 41 Bikeru ini berjalan dengan baik dan diterima dengan senang hati
oleh siswa. Adapun persoalan yang muncul dalah apakah materi yang diajarkan dalam pembelajaran kokurikuler dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan Nasional yang kemudian mendorong tingkat
kelulusan Ujian Akhir Nasional yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan Wawancara yang
dilakukan kepada beberapa imforman maka dikatakan bahwa terdapat beberapa factor yang mendukung
terlaksananya pembelajaran ko-kurikuler di SD Negeri 41 Bikeru Kecamatan Sinjai Selatan antara lain
minat dan bakat siswa, dorongan dan dukungan orang tua siswa, guru bertindak sebagai Pembina kokurikuler, serta sarana dan perasarana.
Implikasi yang diharapkan dari penelitian ini agar memberikan manfaat terutama pengembangan
diri penulis selanjutnya. Demikian pula mampu memberikan informasi dan bahan pertimbangan kepada
pihak instansi dan pihak pihak yang bermaksud mengadakan penelitian relevan yakni dampak positif
yang ditimbulkan oleh penerapan kegiatan ko-kurikuler dalam kegiatan belajar mengajar
Tidak tersedia versi lain