Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Metode pada Pembelajaran Remedial dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri
25 Makassar
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Metode pada Pembelajaran Remedial dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Makassar

St. Rafiqah - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang metode pada pembelajaran remedial dalam
meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pelaksanaan pembelajaran
remedial, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran remedial
dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Permasalahan pokok
penelitian ini dijabarkan dalam sub masalah sebagai berikut: 1) bagaimana metode
pelaksanaan pembelajaran remedial mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 25 Makassar; 2) bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
pembelajaran remedial di SMP Negeri 25 Makassar; 3) bagaimana upaya-upaya
peningkatan pelaksanaan pembelajaran remedial mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 25
Makassar.
Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data melalui riset kepustakaan
dengan teknik kutipan langsung dan tidak langsung, dan riset lapangan dengan
teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis. Sedangkan dalam
pengolahan data, penulis menggunakan metode induktif, deduktif, dan komparatif.
Adapaun data dalam bentuk angka-angka diolah dalam tabel frekuensi kemudian
dicari distribusi presentasenya. Setelah itu, data kuantitatif tersebut diberi makna
secara kualitatif. Penelitian ini sifatnya deskriptif kualitatif. Untuk menguji validitas
data, penulis mencocokkan dan membandingkan data dari berbagai sumber, baik
lisan (hasil wawancara) maupun data hasil observasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pelaksanaan pembelajaran
remedial mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Makassar
adalah pemberian tugas secara individu dan bimbingan khusus berupa dorongan
dengan nasehat. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran remedial, antara
lain: kemampuan guru, sarana dan prasarana yang memadai, dan lingkungan sekolah
yang aman dan bersih. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: sumber
pembelajaran yang terbatas, anggaran/biaya pembelajaran remedial belum memadai,
xiiixiv
dan dukungan keluarga atau orang tua peserta didik belum maksimal. (3)
Upaya peningkatan pelaksanaan pembelajaran remedial dalam meningkatkan
prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 Makassar antara lain:
pengaktifan MGMP sekolah, pengiriman guru mengikuti pelatihan dan penataran,
penyediaan fasilitas sumber pembelajaran yang memadai, dan mempererat hubungan
dan kerjasama antara sekolah dengan keluarga atau orang tua peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini yaitu peningkatan pelaksanaan pembelajaran
remedial sangat penting dan merupakan tanggungjawab bersama termasuk warga
sekolah, pemerintah dan peran serta orang tua dalam membantu peserta didik yang
berprestasi rendah atau yang mengalami kesulitan belajar. Agar kegiatan
pembelajaran remedial dapat tercapai dengan baik, diharapkan kepada guru
Pendidikan Agama Islam khususnya dan para pendidik pada umumnya dapat
menggunakan cara-cara atau metode yang variatif dan relevan dengan tingkat
kesulitan belajar peserta didik


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100208030
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2010
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?