Text
TESIS:Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Keberhasilan Pendidikan di MTs Negeri 1 Kendari
Penulisan tesis ini dilakukan untuk memperoleh gambaran objektif
mengenai penggunaan media pembelajaran dan gambaran keberhasilan
pendidikan di MTs Negeri 1 Kendari. Pokok permasalahan tesis ini adalah
menguji sejauhmana efektivitas media pembelajaran terhadap keberhasilan
pendidikan di MTs Negeri 1 Kendari.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat
deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan terdiri atas guru
dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk menjamin
keabsahan data maka dilakukan: perpanjangan kehadiran, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru masih kurang optimal
dalam memanfaatkan maupun memberdayakan media pembelajaran, adanya
ketidakseimbangan antara kuantitas siswa dan guru, begitu juga dengan
jumlah media pengajaran yang belum menjangkau keseluruhan siswa yang
ada. pemilihan media yang terkadang kurang relevan dengan kebutuhan siswa,
dan masih minimnya penggunaan media gambar dalam kegiatan belajar
mengajar. Kebanyakan media gambar yang ditampilkan pada saat pengajaran
hanya langsung digambarkan pada papan tulis dengan menggunakan kapur
tulis atau spidol sehingga terkadang gambar yang dihasilkan tidak terlalu
mengantarkan daya serap siswa untuk memahami suatu obyek atau gambar
yang ditampilkan.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan agar terjadinya peningkatan
kualitas dan kuantitas pembelajaran di MTs Negeri 1 Kendari dengan adanya
keseimbangan antara jumlah guru, siswa, dan media pembelajaran, serta
adanya pengetahuan yang cukup dari guru dalam hal mengoperasikan media
pembelajaran audio-visual
Tidak tersedia versi lain