Text
TESIS: Hubungan Keteladanan Guru PAI dengan Kecerdasan Spiritual Siswa pada SMKN 1 Lipunoto Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah.
Tesis ini membahas permasalahan pokok bagaimana hubungan keteladanan
guru PAI dengan kecerdasan spiritual siswa SMKN 1 Lipunoto. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menggambarkan keteladanan guru PAI SMKN 1 Lipunoto,
mengungkapkan kecerdasan spiritual siswa SMKN 1 Lipunoto, dan untuk
menemukan serta merumuskan hubungan keteladanan guru PAI dengan kecerdasan
spiritual siswa SMKN 1 Lipunoto.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis korelatif. Teknik
sampling yang digunakan yaitu stratified proportional random sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah format observasi, format wawancara, dan angket.
Ada tiga metode analisis data yang digunakan yakni untuk analisis data keteladanan
guru PAI dan data SQ siswa SMKN 1 Lipunoto digunakan analisis deskriptif
sedangkan untuk analisis hubungan keteladanan guru PAI dengan SQ siswa SMKN
1 Lipunoto digunakan analisis korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru PAI dikategorikan
baik, hal ini didasarkan pada jawaban 114 responden rata-rata sebesar 73,7 %
menyatakan bahwa guru PAI mampu memberikan contoh yang baik dalam
pembelajaran. SQ siswa SMKN 1 Lipunoto dikategorikan baik, hal ini didasarkan
pada jawaban 114 responden rata-rata sebesar 67,4 % mampu menerapkan nilai-nilai
yang baik dalam pembelajaran. Terdapat hubungan yang positif antara keteladanan
guru PAI dengan SQ siswa SMKN 1 Lipunoto yaitu nilai koefisien korelasi sebesar
0,620 ≥ rtabel 0,256.
Implikasi penelitian ini adalah guru PAI dan siswa SMKN 1 Lipunoto
mempererat hubungan yang bernuansa spiritual di lingkungan sekolah, dan menjadi
satu kesatuan yang saling membutuhkan, serta menjalankan hak dan kewajibannya
masing-masing dalam membangun sikap keberagamaan, moralitas, dan spiritual di
lingkungan SMKN 1 Lipunoto dan di luar sekolah
Tidak tersedia versi lain