Text
TESIS: Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Darul Hikmah Makassar
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kedisiplinan dan
motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP
Islam Darul Hikmah Makassar? Pokok masalah tersebut selanjutnya dibreakdown ke dalam beberapa submasalah, yaitu: 1) Bagaimana tingkat
kedisiplinan siswa di SMP Islam Darul Hikmah Makassar.?, 2) Bagaimana tingkat
motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Darul Hikmah
Makassar?, 3)Bagaimana tingkat Hasil Belajar siswa SMP Islam Darul Hikmah
Makassar?, 4) Apakah tingkat kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap hasil
belajar Pendidikan Agama Islam SMP Islam Darul Hikmah Makassar?, 5)Apakah
tingkat motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan
Agama Islam SMP Islam Darul Hikmah Makassar?, dan 6)Apakah tingkat
kedisiplinan dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam SMP Islam Darul
Hikmah Makassar?.
Jenis penelitian ini adalah ekspost facto, dengan menggunakan pendekatan
metodelogis yakni kuantitatif dan pendekatan studi keilmuan berupa yuridis,
teologis normatif, pedagogis dan psikologis Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa SMP Islam Darul Hikmah Makassar yang berjumlah 170
siswa yang diambil 23% atau 39 orang siswa dari masing-masing kelas VII, VIII
dan IX SMP Islam Darul Hikmah Makassar dengan teknik pengambilan
Proportionate Stratified Random Sampling untuk mendapatkan sampel yang
dapat menggambarkan populasi dalam penelitian.Selanjutnya teknik pengumpulan
data melalui angket dan studi dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis
data dengan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa berada
pada kategori sedang, motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang, hasil
belajar PAI siswa berada pada kategori sedang, pengaruh motivasi belajar
terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dapat dilihat dari nilai t
hitung > t tabel atau 3,280 > 1,697 maka koefisien regresi signifikan atau
kedisiplinan belajar benar-benar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
Pendidikan Agama Islam siswa. Sedangkan pengaruh motivasi belajar terhadap
hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dapat dilihat dari nilai t hitung > t
tabel atau 5,782 > 1,697 maka koefisien regresi signifikan atau motivasi belajar
benar-benar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama
Islam siswa. Adapun pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar siswa terhadap
hasil belajar Pendidikan Agama Islam ditunjukkan dengan nilai R square sebesar
0,744 artinya pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar siswa terhadap hasil
belajar Pendidikan Agama Islam siswa memiliki taraf signifikansi 74,4% dan
25,6% hasil belajar Pendidikan Agama Islam dipengaruhi faktor-faktor lain yang
tidak menjadi objek kajian dalam penelitian ini.
Implikasi penelitian ini adalah pentingnya seorang guru memperhatikan
kedisiplinan dan motivasi belajar siswa yang dialami siswa dalam proses
pembelajaran agar hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa meningkat. Selain
itu guru meningkatkan kualitas pribadinya sebagai teladan bagi siswanya agar
siswa termotivasi, serta menyiapkan sarana dan prasarana dan juga metode
pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar menunjang prestasi belajar siswa.
Hendaknya para orang tua atau wali siswa memberikan dukungan serta
memfasilitasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah.
Tidak tersedia versi lain