Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: Hubungan antara Proses Pembelajaran dengan Minat Belajar
Bahasa Arab Peserta Didik MTs Darussalam Saroppo
Kabupaten Jeneponto
Penanda Bagikan

Text

TESIS: Hubungan antara Proses Pembelajaran dengan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik MTs Darussalam Saroppo Kabupaten Jeneponto

Samsiani - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang hubungan antara proses pembelajaran dengan minat
belajar bahasa Arab peserta didik MTs Darussalam Saroppo Kabupaten Jeneponto. Adapun
pokok permasalahannya adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di MTs
Darussalam Saroppo Kabupaten Jeneponto? (2) Bagaimana minat belajar bahasa Arab
peserta didik MTs Darussalam Saroppo Kabupaten Jeneponto? (3) Bagaimana hubungan
antara Proses pembelajaran dengan Minat belajar bahasa Arab peserta didik MTs
Darussalam Saroppo Kabupaten Jeneponto? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk
menggambarkan proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Darussalam Saroppo Kabupaten
Jeneponto. (2) Menggali minat belajar bahasa Arab peserta didik MTs Darussalam Saroppo
Kabupaten Jeneponto. (3) Menyingkap hubungan signifikan antara proses pembelajaran
dengan minat belajar bahasa Arab peserta didik MTs Darussalam Saroppo Kabupaten
Jeneponto.
Untuk menjawab permasalahan di atas, maka peneliti menggunakan metode
deskriptif analisis yang didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalu: field
research yaitu mengumpulkan data-data dengan jalan meneliti langsung ke objek yang
bersangkutan (penelitian lapangan). Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan logika dasar kausal atau biasa disebut penelitian korelasi. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogis dan psikologis. Populasi pada penelitian ini adalah
semua peserta didik di MTs Darussalam Saroppo berjumlah 70 orang sampel yang diambil
adalah seluruh populasi yaitu 70 orang yang merupakan sampel jenuh. Instrumen yang
digunakan adalah daftar angket, pedoman observasi, dan format dokumentasi.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses
pembelajaran bahasa Arab di MTs Darussalam Saroppo Kabupaten Jeneponto pada
umumnya berada pada kategori sedang dengan frekuensi 38 orang dari 70 jumlah sampel
atau 54,28%, selebihnya berada pada kategori sangat tinggi, tinggi, rendah, dan sangat
rendah. (2) Minat Belajar bahasa Arab peserta didik umumnya berada pada kategori sedang
dengan frekuensi 32 orang dari 70 jumlah sampel atau 45,71%, selebihnya berada pada
kategori sangat rendah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi. (4) Terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara proses pembelajaran dengan minat belajar bahasa arab peserta
didik MTs Darussalam Saroppo Kabupaten Jeneponto dengan nilai koefisien korelasi 0,52
artinya hubungan keduanya berada pada kategori sedang.
Implikasi penelitian ini adalah proses pembelajaran bahasa Arab merupakan proses
yang sangat kompleks yang pada akhirnya berimplikasi pada minat belajar bahasa Arabxvii
siswa. Guru bahasa Arab dalam berbagai perannya seperti pendidik, pengajar, pembimbing,
pemimpin, pengelola pembelajaran, model dan teladan, anggota masyarakat, administrator,
penasehat, inovator, pendorong kreativitas, emansipator, evaluator, dan kulminator harus
mampu mengidentifikasi posisi yang tepat dalam memulai upaya meningkatkan minat
belajar bahasa Arab peserta didik dengan segala pendekatan, metode, dan teknik yang
melingkupinya.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi (KUNJUNGI RUANG PERPUSTAKAAN PASCA) 2X7
GJ CJ
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN BAHASA ARAB., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?