Text
TESIS: Pengaruh Persepsi Penulisan skripsi berbahasa Arab dan Prestasi belajar bahasa Arab Terhadap Tingkat kecemasan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan persepsi penulisan
skripsi berbahasa Arab mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Arab fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. (2) mendeskripsikan prestasi belajar bahasa
Arab mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Arab fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Alauddin Makassar. (3) mendeskripsikan tingkat kecemasan mahasiswa jurusan
pendidikan Bahasa Arab fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
(4) menguji pengaruh yang signifikan persepsi penulisan skripsi berbahasa Arab
mahasiswa terhadap tingkat kecemasan mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Arab
Tarbiyah dan fakultas Keguruan UIN Alauddin Makassar. (5) menguji pengaruh yang
signifikan prestasi belajar bahasa Arab terhadap tingkat kecemasan mahasiswa
jurusan pendidikan Bahasa Arab fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin
Makassar. (6) mengetahui pengaruh signifikan persepsi penulisan skripsi berbahasa
Arab dan prestasi belajar bahasa Arab secara bersama-sama terhadap tingkat
kecemasan mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Arab fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eks post
fakto yaitu mencari hubungan sebab akibat yang tidak dimanipulasi atau diberi
perlakuan oleh peneliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologisnormatif, pendekatan yurisdis, dan pendekatan psikologis. Populasi pada penelitian
ini adalah semua mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2011 dan
2012 yang sedang menyelesaikan skripsi yang berjumlah 115 orang dan sampel yang
diambil adalah 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi dan
dokumentasi.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Persepsi
penulisan skripsi berbahasa Arab mahasiswa pada umumnya berada pada kategori
kurang dengan frekuensi 10 orang dari 28 responden atau 36 %, selebihnya berada
pada kategori sedang dengan frekuensi 9 orang atau 32%, 5 orang berada pada
kategori baik atau 18%, 3 orang berada pada kategori sangat baik atau 11%, dan 1
orang berada pada kategori sangat kurang. (2) Prestasi belajar bahasa Arab
mahasiswa pada umumnya berada pada kategori memuaskan dengan frekuensi 22xvi
orang dari 28 mahasiswa atau 78 %, selebihnya berada pada kategori cumlaude,
sangat memuaskan dan kurang. (3) Tingkat kecemasan pada umumnya berada pada
kategori kecemasan ringan dengan frekuensi 16 orang dari 28 mahasiswa atau 57 %,
selebihnya berada pada kategori kecemasan sedang, kecemasan berat, dan tak
seorangpun berada pada kategori panik. (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan
persepsi penulisan skripsi berbahasa Arab mahasiswa terhadap tingkat kecemasan
dengan nilai coeeficiens (α) diperoleh nilai thitung = -0,222. Nilai ttabel dapat dicari
diperoleh 2, 015 sehingga membandingkan ttabel dan thitung ternyata thitung = -0,222<
ttabel = 2, 015, maka Ho diterima dan H1 ditolak artinya tidak terdapat pengaruh yang
signifikan.(5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan prestasi belajar bahasa Arab
terhadap tingkat kecemasan mahasiswa dengan nilai coeeficiens (α) diperoleh nilai
thitung = -0,147. Nilai ttabel dapat dicari diperoleh 1, 701 sehingga membandingkan ttabel
dan thitung ternyata thitung = -0,147
Tidak tersedia versi lain