Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:PembelajaranTa’bi>r dalam Melatih Keterampilan Berbicara
Bahasa Arab Mahasiswa Ma’had al-Birr Universitas
Muhammadiyah Makassar
Penanda Bagikan

Text

TESIS:PembelajaranTa’bi>r dalam Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar

Ansar - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang PembelajaranTa’bi>r dalam Melatih
Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Ma’had al-Birr Universitas
Muhammadiyah Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengeksplorasi
metode yang digunakan dalam pembelajaranta’bi>r dalam melatih keterampilan
berbicara bahasa Arab mahasiswa Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah
Makassar, 2) mendeskripsikan keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa
Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar, 3) mengeksplorasi kontribusi
pembelajaranta’bi>r dalam melatih keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa
Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar.
Jenis penelitian ini tergolong kualitatif deskriptif dengan dua pendekatan: 1)
pendekatan teoretis yang mencakup pendekatan linguistik, psikologis, dan
pendekatan pedagogis; 2) Pendekatan penelitian yaitu pendekatan fenomenologi.
Adapun sumber data penelitian ini adalah Direktur, Dosen, dan peserta didik Ma’had
al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar. Selanjutnya, metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen, dan penelusuran
referensi. Lalu, teknik pengelolaan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga
tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan,Pertama bahwa terdapat beberapa metode
yang digunakan dalam pembelajaranta’bi>r di Ma’had al-Birr Universitas
Muhammadiyah Makassar, yaitu MetodeMuba>syarah, Metode Komunikatif, dan
Metode Campuran dengan beberapa teknik dalam pengajarannya seperti: Teknik
taqdi>m al-s}u>rah wa al-kalimah dantaqdi>m al-s}u>rah wa al-jumlah, dantakwi>n alqis}s}ah. Kedua bahwa keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa>mustawa> awal
Ma’had al-Birr Universitas Muhammadiyah Makassar, adalah mampu berbicara
bahasa Arab pada tingkat memenuhi kebutuhan rutin sosial untuk keperluan
pekerjaan secara terbatas di lingkungan kampus dan asrama dengan beberapa
kemampuan berbahasa yaitu 1) kemampuan berpartisipasi secara aktif seperti:
Mengetahui apa yang dikatakan, mengetahui bagaimana cara mengatakannya,xvi
mengetahui kapan dikatakan dan dapat merespon lawan bicara; 2) kemampuan
mempergunakan kata-kata dengan tepat arti; 3) kemampuan membentuk unsur-unsur
fonemik bahasa secara tepat dan; 4) kemampuan menciptakan efek emosional yang
diinginkan dengan suara.Ketiga Kontribusi pengajaranta’bi>r dalam melatih
keterampilan berbicara bahasa Arab mahasiswamustawa> awal Ma’had al-Birr
Universitas Muhammadiyah Makassar sangat besar, melalui hafalan kosa kata,
latihan-latihan berbicara dan berkisah, sehingga mata kuliah ini banyak membantu
mahasiswa dalam melatih kemampuanya dalam berbicara bahasa Arab.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan dengan adanya pembelajaran
ta’bi>r di tengah-tengah masyarakat mampu menjawab persoalan mengenai
pembelajaran bahasa terutama pembelajaran bahasa Arab. Dengan diterapkannya
pembelajaranta’bi>r di kampus-kampus memudahkan mahasiswa dalam belajar
berbicara dan melatih kemampuan bahasa mereka. Oleh karena itu sangat penting
bagi tiap kampus yang mengajarkan mata kuliah bahasa Arab untuk mengajarkan
ta’bi>r untuk melatih kemampuan mereka, sehingga mereka terlatih untuk
membiasakan diri berkomunikasi bahasa Arab seperti penutur aslinya.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi (KUNJUNGI RUANG PERPUSTAKAAN PASCA) Belum memasukkan lokasi
VC
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN BAHASA ARAB., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?