Text
TESIS: Efektivitas Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning dan Self Regulated terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas XI SMK.Neg.I. Majene.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui efektivitas penggunaan
Metode Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Bahasa Inggris, 2)
Mengetahui efektivitas penerapan Metode Contextual Teaching and Learning pada
kelompok peserta didik yang memiliki Self Regulated tinggi, 3) Mengetahui
efektivitas penerapan Metode Contextual Teaching and Learning pada kelompok
peserta didik yang memiliki Self Regulated rendah, 4) Mengetahui pengaruh
bersama-sama Contextual Teaching and Learning dan Self Regulated terhadap hasil
belajar Bahasa Inggris.
Jenis penelitian ini adalah studi eksperimen. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan pedagogis,psikologis dan filosofis. Sampel diambil dengan teknik
purposive sampling, dengan jumlah sampel 30 responden, yaitu kelas XI TKJ 1
sebanyak 15 responden dan XI TKJ 2 sebanyak 15 responden. Pengumpulan data
menggunakan korelasi. Hasil korelasi selanjutnya dihitung dengan thitung dan regresi
untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan penerapan metode
Contextual Teaching and Learning dan Self Regulated efektif terhadap Peningkatan
Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris diketahui dengan uji Anova satu jalur, yaitu
Fhitung = 36,41 ≥ Ftabel = 3,05 dan hasil uji t yaitu didapat thitung sebesar 3,25 ≥ ttabel
2,021 berarti H0 ditolak atau Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan
antara metode Contextual Teaching and Learning dan Self Regulated terhadap
Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris.
Implikasi dari penelitian ini bahwa Efektivitas penerapan metode Contextual
Teaching and Learning dan Self Regulated memberikan nilai yang signifikan.
Temuan di atas bisa dijadikan sebagai bahan yang akan dijadikan agenda oleh pihak
sekolah untuk meningkatkan peranan pendidik dalam pengembangan penggunaan
metode Contextual Teaching and Learning dan Self Regulated, pelaksanaan dan
evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris serta untuk mengetahui hambatan dalam
proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain