Text
TESIS: Sistem Pembelajaran Remedial Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana Sistem Pembelajaran
Remedial Bahasa Arab Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin
Makassar? Tujuannya untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem pembelajaran
remedial Bahasa Arab di Pascasarjana, mengetahui problematika pelaksanaan
pembelajaran remedial bahasa Arab, untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam pembelajaran, serta mencari solusi dari problematika yang
terjadi.
Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dan pendekatan penelitian yang
digunakan; fenomologik, sosiologis, pedagogis-psikologis, dan linguistik. Adapun
sumber data penelitian ini adalah mahasiswa, Dosen, pengelola PPs UIN Alauddin,
data sekunder yaitu; Prestasi mahasiswa, dokumen, nilai, dan unsur penunjang
lainnya. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi dan penulusuran referensi. Lalu, teknik pengolahan dan
analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu; reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan sistem pelaksanaan pembelajaran Remedial
Bahasa Arab di PPs UIN Alauddin terlaksana dengan baik. Mata kuliah tersebut
diikuti oleh mahasiswa pada semester I dan mahasiswa harus lulus untuk masuk
pada semester berikutnya, pandangan mahasiswa tentang pembelajaran Remedial
Bahasa Arab sangat beragam. Sebagian mahasiswa yang merespon dengan positif
dan sebagiannya merespon dengan negatif. Hal ini disebabkan karena mata kuliahxviii
tersebut tidak memiliki beban SKS, metode dosen dalam mengajar yang kurang
tepat dan materi yang disampaikan terkadang sulit dipahami mahasiswa karena
jenjang pendidikan akhir yang berbeda-beda. Faktor pendukung dan penghambat
pembelajaran Remedial Bahasa Arab. Faktor pendukung yaitu; minat belajar
mahasiswa mempelajari bahasa Arab, dosen tenaga pengajar, kurikulum yang telah
diatur. Adapun faktor penghambat yaitu; metode dan materi , media pembelajaran,
sarana dan prasarana. Upaya mengatasi faktor penghambat Remedial Bahasa Arab
yaitu; pemberian majalah dan teks yang berbahasa arab. Selain itu, memberikan
pengantar berbahasa arab, dan memotivasi disetiap pertemuan.
Implikasi dari penelitian ini adalah sistem pembelajaran Remedial Bahasa
Arab mahasiswa PPs UIN Alauddin harus diatasi dan diberikan solusi. Mata kuliah
Remedial Bahasa Arab penting dipelajari untuk semua mahasiswa. Pandangan
mahasiswa perlu diluruskan dan diberi pemahaman akan pentingnya bahasa Arab.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi yang bermanfaat untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran pada pascasarjana.
Tidak tersedia versi lain