Text
TESIS:Optimalisasi Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Minat Peserta didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Tolitoli
Kompetensi baca tulis Al-Qur’an merupakan ketrampilan yang harus dimiliki
oleh guru PAI untuk menjawab probelematika yang dihadapi oleh peserta didik. Hal
tersebut menjadi pokok pembahasan tesis ini, sehingga pelaksanaan kegiatan
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang diterapkan di SMA Negeri 2 Tolitoli melalui
metode tutor sebaya merupakan wahana pembinaan yang dianggap optimal untuk
meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi peserta didik. Faktor
kelemahan dalam bidang tersebut merupakan penyebab utama sehingga minat peserta
didik terhadap mata pelajaran PAI sangat rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memberikan gambaran tentang penerapan
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMA Negeri 2 Tolitoli dengan metode tutor
sebaya, 2) mengungkapkan bentuk keterlibatan guru PAI dan orang tua dalam
pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut, 3) menguraikan faktor-faktor pendukung
dan penghambat dalam upaya mengoptimalisasikan kegiatan pembelajaran baca tulis
Al-Qur’an bagi peserta didik yang beragama Islam di SMA Negeri 2 Tolitoli.
Penelitian ini adalah bentuk penelitian lapangan ( field research) yang bersifat
deskriptif dengan mengacu pada analisa kualitatif, dengan menggunakan beberapa
metode yang dianggap relevan dengan variabel utama yang akan diteliti, yakni
pendekatan pedagogis, sosiologis, psikologis dan teologis. Adapun informan yang
diharapkan sebagai nara sumber adalah Kepala Sekolah, wakil kepala Sekolah, guruguru mata pelajaran pendidikan agama Islam, Pembina-pembina kegiatan
ekstrakurikuler, orang tua peserta didik, dan peserta didik itu sendiri. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pelaksanaan pembelajaran baca tulis
Al-Qur’an yang dilakukan oleh guru PAI yakni menggunakan metode tutor sebaya. 2)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan baca tulis Al-Qur’an melalui tutor
sebaya sangat optimal, yang dibuktikan bahwa sebagian besar peserta didik
mengalami peningkatan kompetensi dalam hal baca tulis al-Qur’an. Implikasi dari
kegiatan tersebut adalah timbulnya kesadaran peserta didik untuk menekuni mataxi
pelajaran PAI yang sebelumnya menganggap sebagai mata pelajaran yang tidak
penting karena tidak di ujian nasionalkan.
Tidak tersedia versi lain