Text
TESIS:Layanan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Masalah Peserta Didik di SMP Negeri 36 Makassar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan guru bimbingan dan
konseling, berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik, dan
upaya-upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi
permasalahan peserta didik. Permasalahan pokok penelitian ini dijabarkan dalam
submasalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kualifikasi guru Bimbingan dan Konseling
di SMP Negeri 36 Makassar; 2) Faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya
masalah pada peserta didik di SMP Negeri 36 Makassar; 3) Upaya-upaya apa saja
yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi masalah
peserta didik di SMP Negeri 36 Makassar.
Sumber data penelitian ini yaitu data dokumentasi. Pendekatan yang
digunakan peneliti adalah pendekatan pedagogis, psikologis, dan religius. Teknik
pengumpulan data adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian
ini sifatnya kualitatif, dan untuk menguji validitas data, penulis mencocokkan dan
membandingkan data dari berbagai sumber, baik lisan (hasil wawancara) maupun
data hasil observasi. Adapun dalam bentuk angka-angka diolah dalam tabel frekuensi
kemudian dicari distribusi persentasenya. Setelah itu, data kuantitatif tersebut diberi
makna secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling
yang dilaksanakan belum maksimal, masih didapatkan permasalahan peserta didik
yang belum terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, dengan melihat kompleksitas
permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik sangat diharapkan kreativitas dari
guru bimbingan dan konseling dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
Kreativitas sangat ditunjang dengan kualifikasi guru Bimbingan dan konseling yang
diperoleh dengan mengikuti berbagai macam penataran, seminar, dan kegiatankegiatan yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling yang
diimplementasikan dalam berbagai macam program kerja guru Bimbingan dan
konseling di SMP Negeri 36 Makassar.
Implikasi penelitian adalah untuk meningkatkan layanan kualitas Bimbingan
dan Konseling di SMP Negeri 36 Makassar, untuk itu perlu kiranya kepada seluruh
guru Bimbingan dan Konseling untuk senantiasa tetap mengikuti penataran dan
pelatihan guna menambah wawasan dan kreativitas dalam menghadapi peserta didik
di SMP Negeri 36 Makassar, dan diharapkan pula dapat meningkatkan pembinaannya
kepada peserta didik khususnya bagi peserta didik yang bermasalah.
Tidak tersedia versi lain