Text
TESIS: Efektifitas Penerapan Pendekatan Belajar Tuntas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMK Negeri 1 Pancarijang Kabupaten Sidrap
Tesis ini adalah studi tentang efektifitas penerapan pendekatan belajar tuntas
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMK Negeri 1 Pancarijang
Kabupaten Sidrap. Penulis hendak mengkaji penerapan pendekatan belajar tuntas.
Pokok permasalahannya: 1) Bagaimana proses penerapan pendekatan belajar tuntas,
2) Kendala-kendala apa yang dihadapi.
Berdasarkan masalah tersebut, maka peneliti memilih SMK Negeri 1
Pancarijang. Sumber datanya adalah siswa Kelas II Jurusan Kesekretariatan yang
berjumlah 61 orang. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik wawancara, angket,
dan dokumentasi. Data diolah dengan teknik persentase dan dianalisis secara
kualitatif.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Proses penerapan pendekatan belajar
tuntas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SMK Negeri 1
Pancarijang berjalan dengan cukup efektif karena semua komponennya, yaitu: a)
Menciptakan perhatian; b) Menginformasikan kepada pelajar tentang tujuan
pembelajaran; c) Merangsang, dengan mengulang pembelajaran terdahulu; d)
Menghadirkan rangsangan; e) Memberikan bimbingan dalam pembelajaran; f)
Menetapkan performa; g) Memberikan umpan balik informasi; h) Penilaian prestasi
belajar; dan i) Peningkatan perhatian ulang dan mentransfernya; sudah terlaksana
sesuai urutannya dan berdasarkan kriteria Skala Likert jawaban responden berada
dalam wilayah cukup efektif; 2) Dampak pendekatan belajar tuntas adalah: a)
Meningkatkan motivasi peserta didik, b) Meningkatkan kepercayaan diri, c)
Meningkatnya keseriusan, dan d) Meningkatnya kemampuan berkomunikasi peserta
didik; 3) Kendala yang dihadapi antara lain; faktor individu guru yang memerlukan
adaptasi dari pola lama ke model belajar tuntas; dan faktor media belajar yang
terbatas.
Adapun implikasi penelitian ini adalah; 1) Guru Pendidikan Agama Islam
perlu mendalami pendekatan pembelajaran tuntas dan menerapkannya di dalam kelas
setiap saat sehingga guru dan siswa terkondisi menggunakannya; 2) Sekolah perlu
menyediakan media belajar yang bagus untuk keberhasilan penerapan pembelajaran
tuntas di dalam kelas; dan 3) Diperlukan penelitian lanjutan tentang pendekatan
belajar tuntas dalam mata pelajaran lainnya.
Tidak tersedia versi lain