Text
TESIS:URGENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 5 MAJENE
Tesis ini berkenaan dengan profesionalisme guru dalam penerapan nilai-nilai
ajaran agama Islam di SMKN 5 Majene. Pokok masalah tesis ini adalah, Bagaimana
profesionalisme guru dalam penerapan nilai-nilai agama Islam di SMKN 5 Majene,
bagaimana aspek penerapan nilai-nilai ajaran Islam dan hambatannya serta upaya-upaya
yang dilakukan oleh guru dalam menanggulangi hambatan penerapan nilai-nilai agama
Islam di SMKN 5 Majene. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah dan
mendiskripsikan profesionalisme guru dalam penerapan nilai-nilai agama Islam,
penerapan nilai-nilai agama Islam, hamabtan-hambatan dalam penerapan agama Islam,
dan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam penerapan nilai-nilai agama Islam di
SMKN 5 Majene.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode interviu,
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data-data di
lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi
(content analysis). SMKN 5 Majene adalah tempat penelitian penulis tesis ini yang
merupakan satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan menengah
Hasil penelitian antara lain: Guru-guru SMKN 5 Majene sangat profesional
dalam menerapkan nilai-nilai ajaran agama Islam. Penerapan nilai-nilai agama Islam
meliputi: aspek aqidah, ibadah, dan akhlak. Hambatan-hambatan dalam menerapkan
nilai-nilai ajaran agama Islam antara lain kondisi peserta didik, lingkungan, dan
kurangnya media. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut
antara lain: dalam penerapan ajaran agama Islam di SMKN 5 Majene adalah
meningkatkan pemahaman peserta didik tentang ajaran agama melalui kegiatan
keagamaan dan pembelajaran, penguatan peran guru sebagai tenaga profesionalisme.
Implikasi dari penelitian ini adalah; tesis ini sebagai suatu bentuk sumbangsih
dan masukan kepada SMKN 5 Majene, agar seluruh pengajar senantiasa meningkatkan
pendidikan, pengamalan nilai-nilai ajaran agama Islam, baik di sekolah maupun di luar.
Diharapkan tesis ini dapat menjadi acuan penelitian selanjutnya untuk lebih menggali
sisi penerapan nilai-nilai ajaran agama Islam di SMKN 5 Majene. Tesis ini ditulis dalam
bentuk yang sangat sederhana dan terdapat kekurangan di dalamnya, untuk itu kepada
seluruh pembaca diharapkan memberi masukan konstruktif untuk kesempurnaan
penulisan tesis ini.
Tidak tersedia versi lain