Text
TESIS:Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangani Perilaku Menyimpang Siswa Madrasah Tsanawiyah 2 Biringkanaya Makassar
Tesis: ini menelaah tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Menangani Perilaku Menyimpang Siswa Madrasah Tsanawiyah 2 Biringkanaya
Makassar. Adapun pokok masalahnya adalah; (1) Bagaimana bentuk perilaku
menyimpang pada siswa Madarasah Tsanawiyah 2 Negeri Biringkanaya Makassar ?
(2) Faktor-Faktor apa yang menyebabkan perilaku menyimpang bagi siswa Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Biringkanaya Makassar ? dan (3) Bagaimana upaya guru
Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Biringkanaya Makassar ?
Untuk mendapatkan data-data penulis menggunakan beberapa pendekatan
antara lain; Pendekatan Paedagogis, Teologis Normati, Psikologis dan Pendekatan
Sosiologis. Ada tiga cara dalam pengumpulan data yaitu mengadakan observasi,
interviu mendalam dan dokumen. Dan terakhir dianalisis secara Induksi, Deduksi dan
Komparasi.
Hasil dari Tesis ini adalah:
1. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2
Biringkanaya melakukan perilaku menyimpang antara lain dipengaruhi oleh
lingkungan keluarga, lingkungan sosial, lingkungan sekolah dan media.
2. Bentuk-bentuk perilaku menyimpang siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2
Biringkanaya adalah merokok, perkelahian antara siswa, bolos sekolah, suka
memalak, berpacaran serta keluar sekolah lewat lompat pagar.
3. Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam Madrasah Tsanawiyah
Negeri 2 Biringkanaya dalam mengatasi perilaku menyimpang adalah
menanamkan nilai-nilai pendidikan agama lewat metode pemberian nasehat,
perhatian, keteladanan, pembiasaan dan hukuman. Juga bekerja sama dengan
guru bimbingan dan konseling Islam dalam memberikan layanan bimbingan dan
konseling Islam, memberikan pemahaman kepada siswa tentang dampak darixii
perilaku menyimpang, serta memberikan motivasi kepada siswa yang pernah
keliru bahwa mereka juga bermakna.
Sebagai implikasi dalam penelitian tesis ini diharapkan siswa dibekali nilainilai ajaran Islam untuk menyaring setiap apa yang dilihat dan dialaminya. Di dalam
keluarga oang tua selalu membiasakan anaknya dengan praktek akhlak yang terpuji
serta menanamkan kesadaran yang mandiri. Bagi seluruh lembaga pendidikan agar
dalam setiap perkembangan anak harus diarahkan sesuai dengan tujuan pendidikan
yaitu membekali akhlak terpuji dan pemberian suri teladan yang baik.
Tidak tersedia versi lain