Text
TESIS:Kontribusi Pendidikan Keluarga dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 20 Palu
xv
Penelitian tentang kontribusi pendidikan keluarga dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur'an ini bertujuan untuk peningkatan hasil baca tulis Al
Qur’an siswa karena adanya pengaruh kontribusi keluarga dalam mendukung
pelaksanaan setiap program pembelajaran di SMP Negeri 20 Palu.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis,
eologis normatif dan pendekatan yuridis. Sampel diambil dengan teknik total
ampling siswa dengan jumlah responden, yaitu kelas VII, VIII, IX berjumlah 68
orang. Pengolahan data menggunakan analisis person product moment, yakni dengan
menghitung korelasi hasil angket dan nilai hasil membaca Al-Qur’an siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam semester ganjil Tahun Ajaran 2008/2009 dan
emester genap Tahun Ajaran 2009/2010. Hasil korelasi selanjutnya dihitung dengan
(hitung) dan regresi untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Gambaran kemampuan membaca Al-Qur’an
iswa di SMP Negeri 20 Palu di nilai cukup. Hasil yang dicapai setiap lulusan siswa
bisa baca Al-Qur’an dengan tartil dan benar. 2) Kontribusi keluarga terhadap
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berdasar respon angket yang di distrubusi
pada kategori ‚sedang‛ dengan nilai prosentase sebesar 68,53 persen. Nilai belajar
ata-rata membaca Al-Qur’an siswa sebesar 77,57. Berdasarkan pada interval nilai
ni termasuk dalam kategori ‚sedang‛, akan tetapi sudah mencapai nilai Kriteria
Ketetuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan yaitu 70, dan 3) Pengaruh
kontribusi keluarga dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada
iswa diketahui dari uji hipotesis dengan nilai hasil regresi, yaitu F (hitung) =
143,627 ≥ F(tabel)= 3,91, yang berarti semakin ditingkatkan pengaruh kontribusi
keluarga maka hasil belajar akan semakin meningkat. Sehingga H1 yang berbunyi
pengaruh kontribusi keluarga memberikan pengaruh yang signifikan dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan hasilnya dapat di terima.
Implikasi dari hasil penelitian diketahui bahwa kontribusi pendidikan
keluarga terhadap peningkatan membaca Al-Qur’an siswa memberikan nilai sebesar
68,50 persen. Temuan di atas sebagai bahan dan agenda oleh orang tua untuk
meningkatkan kontribusi pendidikan keluarga, serta untuk mengetahui hambatan
dan solusi memotivasi siswa dalam proses pembelajaran baca Al-Qur’an yang
menjadi bahan evaluasi bagi guru.
Tidak tersedia versi lain