Text
TESIS:Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islam pada SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep.
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana penagruh strategi
pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada SMP Negeri 1
Labakkang Kabupaten Pangkep? Pokok masalah tersebut selanjutnya dijabarkan ke
dalam beberapa submasalah atau beberapa pertanyaan penelitian, yaitu:(1)
Bagaimana strategi pembelajaran di SMP Negeri 1 Labakkang Pangkep (2)
Bagaimana pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar di SMP Negeri 1
Labakkang Kabupaten Pangkep.(3) Bagaimana motivasi belajar terhadap hasil belajar
peserta didik di SMP Negeri 1 Labakkang (4) Bagaimana pengaruh motivasi
belajaran terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri1 Labakkang.(5) Bagaimana
hasil belajar peserta didik SMP Negeri 1 Labakkang. (6) Apakah ada pengaruh
strategi pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama sama terhadap hasil belajar
peserta didik SMP Negeri 1 Labakkang pangkep .
Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan filosofi teologis normatif, pendekatan pedagogis, dan pendekatan
psikologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah pendidik mata pelajaran
Pendidkan Agama Islam dan peserta didik. Selanjutnya, metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner. Lalu, tehnik
pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis liner berganda
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) strategi
pembelajaran SMP Negeri 1 Labakang pada umumnya berada pada kategori sedang
dengan frekuensi 18 orang dari 50 peserta didik. (2) motivasi belajar pendidikan
agama islam SMP Negeri 1 Labakkang pada umumnya berada pada kategori sedang
dengan frekuensi 28 orang dari 50 pesera didik. (3) hasil belajar peserta didik SMP
Negeri 1 Labakkang pada umumnya berada pada kategori baik dengan nilai 87-90
sebanyak 11 orang dari 50 peserta didik. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan
strategi pembelajaran terhadap hasil belajar dengan nilai coeeficiens (α) diperoleh
nilai thitung = 31.046 Nilai ttabel dapat dicari diperoleh 3.19 sehingga membandingkan
ttabel dan thitung ternyata thitung = 31.046 ˃ ttabel = 3.19, maka Ho ditolak dan H1 diterima
artinya terdapat pengaruh yang signifikan. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap starategi pembelajaran terhadap hasil belajar dengan nilai coeeficiens (α)
diperoleh nilai thitung =5.807 Nilai ttabel dapat dicari diperoleh 3.19 sehingga
membandingkan ttabel dan thitung ternyata thitung = 5.807 ˃ ttabel = 3.19, maka Ho ditolak
dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan (6) Terdapat pengaruh
yang signifikan secara bersama-sama strategi pembelajaran dan motivasi belajar
terhadap hasil belajar dengan nilai coeeficiens (α) diperoleh nilai thitung = 5,807.
Nilai ttabel dapat dicari diperoleh 3.19 sehingga membandingkan ttabel dan thitung
ternyata thitung = 5,087˃ ttabel = 3.19, maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat
pengaruh yang signifikan secara bersama-sama. Implikasi penelitian ini adalah: (1)
strategi pembelajaran secara umum dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi (2)
motivasi belajar di SMP Negeri 1 Labakkang baik dan dapat dipertahankan (3) hasilxix
belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Labakkang termasuk dalam kategori baik dapat
dipertahankan dan ditingkatkan lagi.
Tidak tersedia versi lain