Text
TESIS: Pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 12 Makassar
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menggambarkan prokrastinasi akademik
peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA
Negeri 12 Makassar. 2) Menggambarkan motivasi berprestasi peserta didik pada
bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 12 Makassar.
3) Menggambarkan hasil belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 12 Makassar. 4) Menguji pengaruh
prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 12 Makassar. 5) Menguji
pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik pada bidang studi
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 12 Makassar. 6) Menguji
pengaruh bersama-sama prokrastinasi akademik dan motivasi berprestasi terhadap
hasil belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti di SMA Negeri 12 Makassar.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan
metodologi yakni kuantitatif dan pendekatan keilmuan berupa psikologi. Responden
dalam penelitian ini berjumlah 62 orang, untuk mengumpulkan data menggunakan
instrumen angket dan format dokumentasi yang dianalisis menggunakan statistik
deskriptif dan inferensial dengan melakukan uji F.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik
dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 57,56 dengan persentase 56,451%, untuk
motivasi berprestasi dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 58,032 dengan
persentase 74,19% dan hasil belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 83,95
dengan persentase 70,96%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa
prokrastinasi akademik berpengaruh negatif terhadap hasil belajar peserta didik pada
bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 12 Makassar
dengan persamaan regresi Ŷ = 108,116 - 0,419X1 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05
yang berarti bepengaruh signifikan, motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap
hasil belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti di SMA Negeri 12 Makassar dengan persamaan regresi Ŷ = 26,517 +
0,995X2 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bepengaruh signifikan. Hasil
analisis inferensial juga menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik dan motivasi
berprestasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik
pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 12
Makassar dengan persamaan regresi = 45,389 - 0,223 + 0,891 . dan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bepengaruh signifikan selain, itu koefisien
determinan R2 = 0,562 berarti 56% kontribusi variabel prokrastinasi akademik peserta
didik dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada
bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 12 Makassar.
Bagi peserta didik di SMA Negeri 12 Makassar agar dapat meningkatkan hasil
belajar dengan mengurangi kebiasaan prokrastinasi akademik dengan cara
manajemen waktu dengan baik dan menetapkan skala prioritas terhadap suatuxv
kegiatan, serta meningkatkan motivasi berprestasi sehingga berani menghadapi tugas
dengan penuh tanggung jawab dan peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan
penelitian mengenai prokrastinasi akademik, motivasi berprestasi dan prestasi belajar,
disarankan untuk memperhatikan faktor-faktor lain seperti sulit mengambil
keputusan, percaya diri, kondisi fisik, takut gagal dan beberapa faktor lainnya.
Tidak tersedia versi lain