Text
TESIS:PENGARUH TINGKAT EKONOMI DAN STATUS SOSIAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH RAPPOCINI KOTA MAKASSAR
Penelitian kuantitatif jenis expost facto, bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan
tingkat ekonomi orang tua peserta didik di SD Muhammadiyah Rappocini Kota
Makassar, 2) Mendeskripsikan status sosial orang tua peserta didik di SD
Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar, 3) Mendeskripsikan prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah
Rappocini Kota Makassar, 4) Menguji pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD
Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar, 5) Menguji pengaruh status sosial orang
tua terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar, dan 6) Menguji pengaruh
tingkat ekonomi secara bersama-sama dengan status sosial orang tua terhadap
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD
Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar
Penelitian ini menggunakan angket, dan format dokumentasi sebagai
instrumen penelitian pada populasi sebesar 55 orang peserta didik yang disampel
secara proportional sebesar 30% sehingga berjumlah 17 orang peserta didik,
sehingga diperoleh data yang diolah dan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif
dan statistik inferensial.
Melalui analisis data, diperoleh kesimpulan, yaitu 1) Tingkat ekonomi orang
tua di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar berkategori sangat tinggi
sebesar 93.47%^ yang sesuai dengan teori perilaku ekonomi, 2) Status sosial orang
tua di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar berkategori sangat tinggi
sebesar 93%^ yang sesuai dengan teori struktural fungsional, 3) Prestasi belajar
peserta didik di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar berkategori baik
sebesar 85%^ yang sesuai dengan teori taksonomi bloom, 4) Tingkat ekonomi orang
tua tidak berpengaruh positif (1 < 1.159) terhadap prestasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar, 5)
Status sosial orang tua tidak berpengaruh positif (1 < 1.063) terhadap prestasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Islam di SD Muhammadiyah
Rappocini Kota Makassar, dan 6) Tingkat ekonomi orang tua secara bersama-sama
dengan status sosial orang tua berpengaruh positif (1 ˃ -0.10576) terhadap prestasi
belajar peserta didik pada mata pelajaran Agama Islam di SD Muhammadiyah
Rappocini Kota Makassar.
Implikasi penelitian, yaitu 1) Tingkat ekonomi orang tua perlu difungsikan
untuk keperluan pendidikan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar, karena hasilnya sangat
tinggi, 2) Status sosial orang tua perlu difungsikan untuk keperluan pendidikan
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah
Rappocini Kota Makassar, karena hasilnya sangat tinggi, 3) Prestasi belajar peserta
didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah
Rappocini Kota Makassar dapat dipertahankan, karena hasilnya berkategori baik, 4)
Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDxiv
Muhammadiyah Rappocini Kota Makassar tidak dapat ditingkatkan melalui tingkat
ekonomi orang tua, karena hasilnya tidak berpengaruh, 5) Prestasi belajar peserta
didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah
Rappocini Kota Makassar tidak dapat ditingkatkan melalui status sosial orang tua,
karena hasilnya tidak berpengaruh positif, dan 6) Prestasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Rappocini Kota
Makassar dapat ditingkatkan melalui tingkat ekonomi orang tua secara bersamasama dengan status sosial orang tua, karena hasilnya berpengaruh positif.
Tidak tersedia versi lain