Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: Pengaruh Kompetensi Supervisi Akademik Pengawas Terhadap Kinerja
Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMP Negeri di Kab. Bone
Penanda Bagikan

Text

TESIS: Pengaruh Kompetensi Supervisi Akademik Pengawas Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMP Negeri di Kab. Bone

AGUS - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji 1) Kemampuan pengawas
memahami mata pelajaran PAI pada SMPN di Kab. Bone. 2) Kemampuan pengawas
memahami proses pembelajaran PAI pada SMPN di Kab. Bone. 3) Kemampuan
pengawas membimbing guru PAI pada SMPN di Kab. Bone. 4) Kinerja guru PAI dalam
menyusun program pembelajaran pada SMPN di Kab. Bone, 5) Kinerja guru PAI dalam
kegiatan pembelajaran pada SMPN di Kab. Bone. 6) Kinerja guru PAI dalam
mengevaluasi pembelajaran pada SMPN di Kab. Bone. 7) Pengaruh kemampuan
pengawas memahami mata pelajaran PAI terhadap kinerja guru dalam menyusun
program pembelajaran. 8) Pengaruh kemampuan pengawas memahami proses
pembelajaran PAI terhadap kinerja guru dalam menyusun program pembelajaran
9) Pengaruh kemampuan pengawas membimbing terhadap kinerja guru dalam
menyusun program pembelajaran PAI. 10) Pengaruh kemampuan pengawas
memahami mata pelajaran PAI terhadap kinerja guru dalam kegiatan
pembelajaran. 11) Pengaruh kemampuan pengawas memahami proses
pembelajaran terhadap kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran PAI. 12)
Pengaruh kemampuan pengawas membimbing terhadap kinerja guru dalam
kegiatan pembelajaran PAI. 13) Pengaruh kemampuan pengawas memahami mata
PAI terhadap kinerja guru dalam evaluasi pembelajaran 14) Pengaruh kemampuan
pengawas memahami proses pembelajaran PAI terhadap kinerja guru dalam
mengevaluasi pembelajaran 15) Pengaruh kemampuan pengawas membimbing
terhadap kinerja guru dalam mengevaluasi pembelajaran. 16) Pengaruh
kemampuan pengawas memahami mata pelajaran PAI, proses pembelajaran dan
kemampuan membimbing terhadap kinerja guru dalam menyusun program
pembelajaran. 17) Pengaruh kemampuan pengawas memahami mata pelajaran
PAI, proses pembelajaran dan kemampuan membimbing pengawas terhadap
kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran. 18) Pengaruh kemampuan pengawas
memahami mata pelajaran PAI, proses pembelajaran dan kemampuan
membimbing terhadap kinerja guru dalam mengevaluasi pembelajaran.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan survey dan pendekatan paedagogik.
Penetapan sampel dilakukan dengan teknik kuota sampling. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial dengan rumus
persentase, product moment, regresi dan uji determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan pengawas memahami
mata pelajaran pendidikan agama Islam pada SMPN di Kab. Bone dikotegorikan
baik dengan nilai 66%. Kemampuan pengawas memahami proses pembelajaranxxi
pendidikan agama Islam pada SMPN di Kab. Bone dikategorikan baik dengan
nilai 68%. Kemampuan pengawas membimbing guru pendidikan agama Islam
pada SMPN di Kab. Bone dikategorikan baik dengan nilai 66%. Kinerja guru
pendidikan agama Islam dalam menyusun program pembelajaran pada SMPN di
Kab. Bone dikategorikan baik dengan nilai 64%. Kinerja guru pendidikan agama
Islam dalam kegiatan pembelajaran pada SMPN di Kab. Bone dikategorikan
sangat baik dengan nilai 84%. Kinerja guru pendidikan agama Islam dalam
mengevaluasi pembelajaran pada SMPN di Kab. Bone dikategorikan sangat baik
dengan nilai 91%. Kemampuan pengawas memahami mata pelajaran PAI (X1)
berpengaruh langsung terhadap kinerja guru dalam menyusun program
pembelajaran (Y1) sebesar 45%. Kemampuan pengawas memahami proses
pembelajaran PAI (X2) berpengaruh langsung terhadap kinerja guru dalam
menyusun program pembelajaran (Y1) sebesar 40%. Kemampuan pengawas
membimbing (X3) berpengaruh langsung terhadap kinerja guru dalam menyusun
program pembelajaran (Y1) sebesar 43%. Kemampuan pengawas memahami
mata pelajaran PAI (X1) berpengaruh langsung terhadap kinerja guru dalam
kegiatan pembelajaran (Y2) sebesar 44%. Kemampuan pengawas memahami
proses pembelajaran (X2) berpengaruh langsung terhadap kinerja guru dalam
kegiatan pembelajaran (Y2) sebesar 37%. Kemampuan pengawas membimbing
(X3) berpengaruh langsung terhadap kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran
(Y2) sebesar 41%. Kemampuan pengawas memahami mata PAI (X1) berpengaruh
langsung terhadap kinerja guru dalam evaluasi pembelajaran (Y3) sebesar 53%.
Kemampuan pengawas memahami proses pembelajaran PAI (X2) berpengaruh
langsung terhadap kinerja guru dalam evaluasi pembelajaran (Y3) sebesar 37%.
Kemampuan pengawas membimbing (X3) berpengaruh langsung terhadap kinerja
guru dalam evaluasi pembelajaran (Y3) sebesar 42%. Kemampuan pengawas
memahami mata pelajaran PAI (X1), proses pembelajaran (X2) dan kemampuan
membimbing (X3) berpengaruh langsung terhadap kinerja guru dalam menyusun
program pembelajaran (Y1) sebesar 59%. Kemampuan pengawas memahami
mata pelajaran PAI (X1), proses pembelajaran (X2) dan kemampuan membimbing
(X3) berpengaruh langsung terhadap kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran
(Y2) sebesar 56%. Kemampuan pengawas memahami mata pelajaran PAI (X1),
proses pembelajaran (X2) dan kemampuan membimbing (X3) berpengaruh
langsung terhadap kinerja guru dalam evaluasi pembelajaran pada sebesar 63%.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan kepada KEMENAG
menambah tenaga pengawas PAI. Pengawas PAI perlu meningkatkan kompetensi
supervisi akademik yang mencakup pengetahuan mata pelajaran pendidikan
agama Islam, proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan kemampuan
membimbing guru pendidikan Islam dengan mengikuti kegiatan yang terkait
dengan peningkatan kompetensi pengawas.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 370.7
02.241/18
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370.7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?