Text
TESIS: Implementasi Program Intensifikasi Bahasa Arab dalam Penguasaan Kemahiran Berbahasa Arab bagi Santri Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang.
Tesis ini membahas tentang implementasi program intensifikasi
pembelajaran bahasa Arab dalam penguasaan kemahiran berbahasa Arab bagi
santri Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Kabupaten Enrekang. Adapun
sub masalah pada penelitian ini yaitu:1) Bagaimana implementasi program
intensifikasi bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri sebagai
standar kompetensi bahasa Arab bagi santri? 2) Bagaimana penguasaan
kemahiran berbahasa Arab bagi santri dengan adanya program intensifikasi
bahasa Arab? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan
program intensifikasi pembelajaran bahasa Arab bagi santri di Pondok Pesantren
Modern Rahmatul Asri?
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara
dan studi dokumen sementara instrumen penelitiannya pedoman wawancara,
catatan observasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu: reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan
dengan perpanjangan keikusertaan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di
Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri melalui program intensifikasi
pembelajaran bahasa Arab berlangsung lebih menekankan penggunaan metode
langsung, namun penggunaannya bersifat fleksibel (metode elektik/tari>qah
intiqa>i>yyah), pembina bahasa/musyrif lugah dapat menggunakan metode lainnya,
sesuai dengan kondisi yang dihadapainya. Pembina bahasa memberikan dorongan
dan pujian agar peserta senantiasa mempertahankan semangat, kemauan, minat
dan usaha serta perhatian mereka untuk belajar bahasa Arab terutama bagi
pemula. Program intensifikasi pembelajaran bahasa Arab terbukti mampu untuk
meningkatkan penguasaan kemahiran berbahasa Arab bagi peserta didik.
Kontribusi program intensifikasi bahasa Arab di pondok pesantren bagi
kemampuan berbahasa Arab bagi santri sangat besar.
Implikasi dari penelitian ini adalah meskipun tingkat penguasaan
kemahiran berbahasa Arab terbilang tinggi, namun dipandang perlu dan penting
untuk penelitian lanjutan dengan maksud membekali peserta didik kemampuan
berbahasa berjalan seimbang dengan ilmu-ilmu kebahasaan yang bersifat teoritis
agar lebih meningkatkan efektifitas program intensfikasi pembelajaran bahasa
Arab di masa yang akan datang dan membuat peta potensi spesifikasi keilmuan
setiap pembina bahasa serta menformulasi materi yang bersifat gradasi setiap
tingkatan. Perlu mendatangkan penutur asli dalam satu tema kegiatan atau
peserta didik diajak belajar di luar kompleks pondok pesantren untuk bertemu
dengan turis asing di tempat-tempat wisata untuk memperoleh pengalaman
berkomunikasi dengan penutur asli dan untuk mengurangi kejenuhan.
Tidak tersedia versi lain