Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of DISERTASI: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK
AUTIS
( Studi Kasus pada SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi-Selatan)
Penanda Bagikan

Text

DISERTASI: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK AUTIS ( Studi Kasus pada SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi-Selatan)

MARYAM ISMAIL - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis di SLB Negeri Pembina
Provinsi Sulawesi-Selatan 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan
agama Islam pada anak autis di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi-Selatan 3)
Mendeskripsikan hasil yang dicapai dengan pembelajaran pendidikan agama Islam
yang diterapkan pada anak autis di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi-Selatan.
Ternyata dengan penerapan pendidikan agama Islam pada anak autis di SLB Negeri
Pembina Provinsi Sulawesi-Selatan dapat menjadi terapi dan memberi efek positif
mengendalikan kelainan perilaku anak autis menjadi anak yang dapat berkembang
sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. Tumbuhnya kesadaran melaksanakan
perintah Allah Swt, membentuk perilaku anak autis lebih tenang dan bisa
berkomunikasi dengan orang lain meskipun masih dalam batas-batas tertentu.
Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif dalam bentuk studi kasus
dengan menggunakan pendekatan multidisipliner, yaitu pendekatan paedagogis,
sosiologis, normatif, dan psikologis. Penelitian ini mengambil data dari guru, terapis,
orang tua, dan anak autis sendiri yang telah dapat berkomunikasi verbal. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan daftar wawancara, observasi
partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik pengolahan /analisis
data kualitatif digunakan dengan menelaah seluruh data yang berhasil dihimpun.
Selanjutnya reduksi data dengan cara abstraksi lalu dikategorisasikan dengan cara
dihubungkan dan disesuaikan. Selanjutnya dilakukan analisis ekspalanasi tentang
kasus yang bersangkutan untuk menampilkan perbandingan yang didasarkan pada
studi kasus yang bersangkutan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan
agama Islam (PAI) bagi anak autis di SLB Negeri provinsi Sulawesi-Selatan
disesuaikan dengan kurikulum 13 dengan “siswa lambat belajar”. Rencana
pembelajaran disusun dalam RPP yang terdiri dari indikator berkaitan dengan
kognitif, afektif dan psikomotorik, berlaku pada anak autis yang telah mampu
membaca dan menulis. Anak autis yang belum bisa membaca dan menulis dilakukan
dengan modifikasi guru dengan kondisi tingkat kecerdasan mereka 2) Pelaksanaan
pembelajaran anak autis dilakukan secara individual dan berkelompok berdasarkan
berat ringannya kelainan anak autis dan tingkat kecerdasan mereka. Secara umum
pembelajaran PAI lebih banyak diarahkan pada praktikum ibadah. Peran orang tua
sangat menentukan dalam memberi motivasi dan menerapkan PAI pada lingkungan
keluarga. Guru, terapis dan orang tua senantiasa berkomunikasi, bekerja sama untuk
terlaksananya pendidikan agama Islam sesuai perencanaan pembelajaran 3) Hasil
pembelajaran PAI pada anak autis menunjukkan keberhasilan, terbukti dapat
memengaruhi sikap dan mental anak autis dengan munculnya kesadaran mereka
dalam mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam.xix
Implikasi penelitian diharapkan dapat mengubah pandangan masyarakat dan
orang tua, bahwa anak autis bukan kelainan yang permanen tetapi hanya berupa
hambatan perkembangan, mereka memiliki potensi untuk hidup secara alami dan
mengubah sikapnya berakhlakul karimah. Anak autis bisa menjalani hidup seperti
anak yang normal menjalankan perintah Allah, interaksi sosial dalam masyarakat
dan lingkungannya ketika ditangani lebih awal sebelum mencapai umur 5 tahun
dengan cara yang tepat. Pengamalan pendidikan agama Islam dapat dijadikan
sebagai terapi dipadukan dengan metode yang lain. Sehingga dapat menghantarkan
anak autis hidup lebih mandiri, memiliki motivasi dalam mengembangkan potensi
diri untuk memiliki keterampilan mendekati anak yang normal.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
VHNVN
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN DAN KEGURUAN., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?