Text
TESIS: Strategi Pembelajaran Baca Tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng
Penelitian tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi
pembelajaran baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng, mendeskripsikan
faktor-faktor yang mendukung penerapan strategi pembelajaran baca tulis al-Qur’an
pada SMA Negeri 4 Soppeng, dan menggali faktor-faktor yang menghambat
penerapan strategi pembelajaran baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng
dan solusinya.
Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) dengan jenis
penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis sebagai
pendekatan utama dan dibantu dengan pendekatan keilmuan yaitu pendekatan
pedagogis dan psikologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah,
guru baca tulis al-Qur’an, dan peserta didik sebagai sumber data primer dan
dokumen-dokumen sebagai sumber data sekunder. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
tersebut diolah dan dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Data tersebut diuji keabsahannya dengan melakukan
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan
dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng adalah
strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri. Strategi pembelajaran ekspositori
diterapakan oleh semua guru baca tulis al-Qur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng.
Sedangkan strategi pembelajaran inkuiri hanya diterapkan oleh Reski Amalia.
Faktor-faktor yang mendukung penerapan strategi pembelajaran baca tulis alQur’an pada SMA Negeri 4 Soppeng adalah kepala sekolah beserta guru-guru, guru
baca tulis al-Qur’an, keterlibatan orang tua peserta didik, dan kecanggihan
teknologi. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat adalah kurangnya buku
bacaan peserta didik, perbedaan karakter peserta didik, kurangnya alokasi waktu
pembelajaran dan kurangnya kedisiplinan peserta didik. Adapun solusi dalam
mengatasi hambatan-hambatan tersebut, guru baca tulis al-Qur’an menambah
sarana belajar, mengelompokkan peserta didik, mengaktifkan kegiatan
ekstakurikuler, dan memberi tugas tambahan kepada peserta didik.
Dengan melihat kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis alQur’an, maka pembelajaran baca tulis al-Quran SMA Negeri 4 Soppeng merupakan
hal yang sangat penting. Sebelum menerapkan strategi pembelajaran dalam
pembelajaran BTA, tujuan pembelajaran harus ditetapkan dengan tepat. Dengan
tujuan yang tepat, strategi pembelajaran yang diterapkan harus tepat pula agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien
Tidak tersedia versi lain