Text
TESIS: Peranan Kompetensi Kepribadian Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Kota Watampone
Tesis ini berjudul ‚Peranan kompetensi kepribadian guru dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Kota Watampone‛.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran kompetensi kepribadian
guru dalam mengimplementasikan Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Kota
Watampone Kabupaten Bone; (2) Proses Mengimplementasikan Pendidikan
Karakter di Madrasah Aliyah Kota Watampone Kabupaten Bone; (3) Kendala dan
Upaya dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di Kota Watampone
Kabupaten Bone
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena penelitian ini
menggambarkan apa adanya sesuai apa yang terjadi di lapangan/lokasi penelitian
dan untuk eksplorasi dan klarifikasi dan memotret situasi sosial yang akan diteliti
secara menyeluruh, luas dan mendalam. Pendekatan yang digunakan pada penelitian
ini yaitu pendekatan teologis normatif, pendekatan yudikatif, pendekatan pedagogik
dan pendekatan psikologis. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber
data primer yaitu kepala madrasah, wakamad, guru pendidikan agama Islam, peserta
didik dan sumber data sekunder yaitu dalam bentuk dokumen seperti RPP dan
dokumentasi penting tentang kegiatan implementasi pendidikan karakter di Kota
Watampone. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview
(wawancara), dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan Analisis data dilakukan
mulai dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan
conclusion drawing/verification penarikan kesimpulan. Teknik Pengecekan
keabsahan data di lapangan digunakan triangulasi yakni triangulasi sumber,
triangulasi teknik, triangulasi waktu
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran kompetensi kepribadian
guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Kota
Watampone yakni Kedisplinan guru, melaksanakan tugas dan tanggung jawab, guru
berwibawa dan keteladanan guru. (2) Proses mengimplementasikan pendidikan
karakter di Madrasah Aliyah Kota Watampone Kabupaten Bone yakni
mengimplementasikan pendidikan karakter dalam manajemen sekolah seperti tugas
dan tanggung jawab pendidik dan tenaga kependidikan, pembagian kerja
berdasarkan profesional, mematuhi aturan sekolah, kedisiplinan, semangat kerja dan
keikhlasan dalam bekerja, implementasi pendidikan karakter dalam RPP yakni
mengaplikasikan pendidikan karakter dalam RPP, Implementasi pendidikan karakter
dalam pembinaan kesiswaan seperti pembinaan ibadah, pembinaan bahasa, OSIS,
kepramukaan, lembaga dakwah di madrasah. (3) Kendala dan upaya dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter di Kota Watampone Kabupaten Bone,
adapun kendalanya adalah kurangnya kesadaran guru dalam mengimplementasikan
pendidikan karakter, ada sekolah yang tidak semua gurunya memiliki kompetensi
kepribadian yang baik dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, kurangnya
kemauan peserta didik untuk mematuhi aturan yang berlaku, lingkungan keluarga
sangat berpengaruh terhadap pola pikir culture peserta didik, kemudian lingkungan
sekolah yang membentuk karakter serta kerja sama dengan keluarga, sekolah danxix
masyarakat. Sedangkan upayanya adalah keteladanan guru, pembiasaan,
pembudayaan dan kegiatan rutin seperti kegiatan rutin kegiatan yang dilakukan
peserta didik secara terus menerus dan konsisten setiap saat seperti salat berjamaah,
mencium tangan guru, memberi salam kepada guru ketika bertemu.
Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Sebagai orang yang paling
bertanggungjawab terhadap kebijakan sekolah, komitmen penerapan peraturan yang
sudah dibuat dan disepakati bersama harus selalu disosialisasikan, (2) Diharapkan
guru selalu mengimplementasikan pendidikan karakter disemua unsur sehingga
dapat terlaksana dengan baik. diharapkan guru mempunyai kepribadian yang sesuai
dengan Undang-Undang sehingga dapat terwujudnya kepribadian yang baik, (3)
Diharapkan kepada siswa untuk lebih taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku di
madrasah. Sehingga nantinya dapat mendukung pelaksanaan pendidikan karakter di
madrasah.
Tidak tersedia versi lain