Text
TESIS: Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Watampone
Tesis ini membahas masalah pokok yang di buat dalam pertanyaanpertanyaan penelitian yaitu, bagaimana Kompetensi Profesional Guru Pendidikan
Agama Islam di SMA Negeri 1 Watampone? Dan bagaimana proses pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Watampone?
Tujuan penulisan tesis ini yaitu untuk mengetahui Kompetensi Profesional
Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Watampone dan Proses
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Watampone.Hasil
penelitian ini juga diharapkan menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan
dan peningkatan kualitas pendidikan Pendidikan Agama Islam, selain itu juga
diharapkan dapat mendorong daya kritis dan perhatian insan-insan pendidik baik
yang ada di lokasi penelitian maupun di lembaga pendidikan formal lainnya.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang mengungkap situasi sosial
tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar. Untuk membahas
permasalahan tersebut maka dilakukan pengumpulan data di lapangan dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer
yaitu kepala sekolah, wakasek kurikulum dan guru Pendidikan Agama Islam dan
sumber data sekunder yaitu berbagai referensi dan dokumen sekolah. Data yang
dikumpulkan diolah melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi
teknik dan sumber data.
Hasil penelitian tesis ini yaitu Guru Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 1 Watampone memiliki kompetensi profesional yang baik. Hal tersebut
dapat dilihat pada variasi metode mengajar yang digunakan, menguasai materi yang
akan diajarkan dan ilmu-ilmu lain yang ada hubungannya dengan ilmu yang akan
diajarkan kepada peserta didik. Selain itu, juga mengetahui kondisi psikologis
peserta didik dan psikologis pendidikan sehingga dapat menempatkan dirinya dalam
kehidupan peserta didik dan memberikan bimbingan sesuai dengan perkembangan
peserta didik. Pengaruh kompetensi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 1 Watampone yaitu memberikan pengaruh positif terhadap proses
pembelajaran. Hal ini terlihat pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar
dilaksanakan dengaa program yang telah disusun. Dalam kegiatan ini keaktifan guru
menciptakan dan menumbuhkan kegiatan siswa belajar sesuai dengan rencana yang
telah disusun. Guru dapat mengambil keputusan atas dasar penilaian yang tepat,xvi
apakah kegiatan belajar mengajar dicukupkan, apakah metodenya diubah, apakah
kegiatan yang lalu perlu diulang, manakala siswa belum dapat mencapai tujuantujuan pembelajaran. Dan menghasilkan pelaksanaan proses belajar mengajar yang
menyangkut pengelolaan pembelajaran, dalam menyampaikan materi pelajaran
dilakukan secara terencana dan sistematis, sehingga tujuan pengajaran dapat
dikuasai oleh siswa secara efektif dan efisien. Dan proses pembelajaran di SMA
Negeri 1 Watampone dilaksanakan secara terpadu, menyeluruh dan saling
bergantungan antara satu komponen dengan komponen lain yang berkaitan serta
tidak dapat dipisah-pisahkan satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan dalam kompetensi dasar yang telah dirumuskan. Dalam proses belajar
mengajar guru merupakan pemegang posisi kunci di kelas. Guru menyampaikan
pengetahuan agar peserta didik mengetahui tentang yang disampaikan oleh guru.
Pada saat proses belajar mengajar berlangsung ada satu kecenderungan menurunkan
minat dan motivasi peserta didik dalam belajar. Biasanya hal ini disebabkan adanya
kondisi yang monoton dalam pencapaian pelajaran. Untuk itu perlu diciptakan suatu
kondisi yang berbeda dalam serangkaian kegiatan pembelajaran.
Implikasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam untuk
senantiasa meningkatkan profesionalitas kerja sebagai guru, baik melalui jalur
akademik dengan melakukan studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
sesuai jurusan masing-masing, atau dengan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan
ilmiah seperti seminar, lokakarya, penataran/pelatihan, diskusi-diskusi antar guru
serumpun, dan aktif dalam MGMP yang ada. Dan kepada pihak-pihak yang
mengemban amanat mengelola dan mengembangkan SMA Negeri 1 Watampone
agar meraih prestasi yang diharapkan sesuai visi dan misi SMA Negeri 1
Watampone, maka secara bertahap harus memperhatikan kekurangan sumber
pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada khususnya dan mata pelajaran lain
pada umumnya
Tidak tersedia versi lain