Text
TESIS: Optimalisasi Penerapan Kurikulum Perguruan Alkhairaat dalam Membangun Karakter Peserta Didik (Studi Kasus pada MTs Alkhairaat Pusat Palu
Tsisis ini membahas Optimalisasi Penerapan Kurikulum Perguruan
Alkhairaat dalam Membangun Karakter Peserta Didik (Studi Kasus pada MTs
Alkhairaat Pusat Palu). Tujuan penilitian adalah untuk menganalisis karakter peserta
didik di MTs Alkhairat Pusat Palu, mengungkap optimalisasi penerapan kurikulum
perguruan Alkhairaat dalam membangun peserta didik dan menganalisis serta
memetakan faktor pendukung dan peghambat serta solusinya dalam penerapan
kurikulum perguruan Alkhairaat
Penelitian mengambil lokasi di MTs Alkhairaat Pusat Palu Kecamatan Palu
Barat Kota Palu Propinsi Sulawesi Tengah dengan tehnik pengumpulan data riset
lapangan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogik dan Psikologis. Adapun sumber data yang
dipilih secara porposive dan bersifat snowball sampling. Selanjutnya data yang
diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta
pengujian keabsahan data.
Hasil paparan data di lapangan menunjukkan karakter yang menonjol pada
peserta didik MTs Alkhairaat Pusat Palu adalah patuh, tekun, dermawan, religious
dan komunikatif. Penerapan kurikulum perguruan Alkhairaat untuk mata pelajaran
Qawa’id, Mahfudhat dan sejarah Alkhairaat telah optimal melaksanakan proses
pembelajaran, sedang untuk muhadharah dan tahfidz Qur’an masih dalam tahap
penyelesaian. Faktor pendukung penerapan kurikulum perguruan Alkhairaat adalah
letak MTs yang strategis, tersedianya tenaga pendidik berkualitas dan sarana
pendidikan yang memadai. Sedangkan faktor penghambat adalah peserta didik
lulusan sekolah dasar diluar perguruan perguruan Alkhairaat mengalami kesulitan
belajar mata pelajaran perguruan Alkhairaat. Sebagai solusi dari kesulitan belajar
peserta didik tersebut dapat diatasi dengan bimbingan khusus pada sore hari atau hari
libur yang disepakati antara peserta didik dan guru dan pemberian buku penunjang.
Implikasi penelitian ini mengharuskan adanya perubahan kurikulum
perguruan Alkhairaat, komitmen yang kuat dari guru-guru MTs Alkhairaat Pusat
dalam memberi contoh terbaik kepada peserta didik, dan dilakukan supervisi baik
oleh kepala, Kemenag dan terutama pihak perguruan Alkhairaat.
Tidak tersedia versi lain