Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: Peranan Pendekatan Pembelajaran Kelompok dalam Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah
Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi
Penanda Bagikan

Text

TESIS: Peranan Pendekatan Pembelajaran Kelompok dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi

Hadijah - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)mengetahui dan menggambarkan
eksistensi pendekatan pembelajaran kelompok di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat
Bora Kabupaten Sigi, 2)mengungkapkan secara mendalam gambaran kualitas
pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi, dan
3)menemukan bentuk kontribusi pendekatan pembelajaran kelompok di Madrasah
Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan tergolong jenis penelitian
kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan pedagogis, filosofis, dan
psikologis. Sumber data yaitu Kepala Madrasah, para guru dan staf tata usaha
Madrasah Tsanawiyah AlKhairaat Bora Kabuten Sigi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan check list. Metode pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan
analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data (display data) dan
verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan
triangulasi berupa triangulasi sumber serta triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)eksistensi pendekatan pembelajaran
kelompok di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sigi memungkinkan
peserta didik dapat meraih keberhasilan dalam belajar. Disamping itu juga bisa
melatih siswa untuk memiliki keterampilan, baik keterampilan berpikir maupun
keterampilan sosial, seperti keterampilan untuk mengemukakan pendapat, menerima
saran dan masukan dari orang lain, bekerjasama, rasa setia kawan dan mengurangi
timbulnya perilaku yang menyimpang dalam kehidupan kelas. 2)Peserta didik diberi
kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temannya untuk
mencapai tujuan pembelajaran, sementara guru bertindak sebagai motivator dan
fasilitator aktifitas peserta didik. Dengan demikian dalam model pendekatanxv
pembelajaran kelompok ini, kegiatan aktif dengan pengetahuan dibangun sendiri
oleh peserta didik dan mereka bertanggung jawab atas hasil pembelajarannya. 3)
Prestasi peserta didik mengalami peningkatan dalam kualitas pembelajaran
khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dibuktikan dengan
nilai rata-rata ujian nasional setiap mata pelajaran yang dicapai peserta didik seperti
nilai ujian bahasa Indonesia dengan nilai-rat-rata 6,87, nilai bahasa Inggris rata-rata
8,83, nilai matematika 7,18 dan nilai mata pelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata
8,62.
Implikasi dari penelitian ini adalah pihak sekolah dan seluruh komponen
hendaknya berusaha semaksimal mungkin menerapkan berbagai model pendekatan
pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik
khususnya di Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat Bora Kabupaten Sig


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
.K.JK
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?