Text
TESIS: Pelaksanaan Metode Latihan pada Pembelajaran Al- Quran-Hadis dalam Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Quran Peserta Didik Pada Mts DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar
Tesis ini berkenaan dengan pelaksanaan metode latihan pada pembelajaran
Al-Quran-Hadis dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Quran peserta didik pada
MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Pokok
permasalahannya adalah bagaimana pelaksanaan metode latihan pada pembelajaran
Quran Hadis dalam menumbuhkan minat baca tulis Al-Quran peserta didik pada
MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan metode latihan pada pembelajaran
Al-Quran-Hadis di Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Baru’ Kecamatan Luyo
Kabupaten Polewali Mandar, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
serta solusi implementasi metode latihan pada peserta didik terhadap pelajaran AlQuran-Hadis di MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar, dan
untuk mengetahui hasil proses penerapan metode latihan dalam menumbuhkan
minat baca Al-Quran peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Baru’
Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
teologis normatif, pedagogik, sosiologis, dan psikologis. Sumber data penelitian ini
terdiri dari kepala sekolah, pegawai, guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik
di MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar sebagai informan.
Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, dokumentasi, wawancara
langsung dan observasi. Teknik analisis data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data,
(2) pengolahan data, (3) analisis data, dan. Sumber data dalam penelitian ini
bersifat data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan metode latihan
dalam pembelajaran Al-Quran-Hadis sangat berperan secara efektif dan relevan
dengan peran guru dalam mengembangkan metode latihan dalam baca tulis AlQuran serta efektivitas penerapan metode latihan baca tulis Al-Quran pada MTs
DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar sedangkan faktor
pendukun dalam penerapan metode latihan yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI
Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar masih diminati masyarakat,
kemampuan guru dalam mengelola metode latihan masih eksis, dan sarana prasarana
yang menunjang, sedangkan penghambat metode ini yaitu, pertama, dapat
menghambat inisiatif siswa pada MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten
Polewali Mandar yang berbeda dengan petunjuk guru di anggap suatuxvii
penyimpangan dan pelanggaran dalam pembelajaran Al-Quran dan hadis, kedua,
dapat menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan, dan solusinya
yaitu menklasifikasikan siswa yang lancar dan kurang lancar membaca Al-Quran.
Adapun hasil proses penerapan metode latihan dalam menumbuhkan minat baca AlQuran peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Baru’ Kecamatan Luyo
Kabupaten Polewali Mandar dalam pengembangan metode pembelajaran dalam
memberantas buta aksara Al-Quran, maka yang dilakukan adalah mengembangkan
kecakapan motorik, mental, dan asosiasi yang dibuat.
Implikasi penelitian ini bahwa pelaksanaan metode latihan pada mata
pelajaran Al-Quran-Hadis dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Quran dapat
ditinjau dari berbagai aspek pembelajaran Al-Quran dan hadis merupakan upaya
untuk mengembangkan dan mengarahkan peserta didik dalam pemberantasan buta
huruf aksara Al-Quran. Maka metode latihan di harapkan dapat lebih eksis dan
diminati dimasa depan yang ideal tanpa menafikan metode dan teknik-teknik
pembelajaran yang lain sehingga mampu melahirkan generasi qurani.
Tidak tersedia versi lain