Text
TESIS: Korelasi Antara Pengetahuan Agama Islam dan Kualitas Perilaku Beragama Peserta Didik di SMA Negeri I Takalar
Tesis ini mengkaji tentang hubungan antara pengetahuan agama Islam dan
kualitas perilaku beragama peserta didik di SMA Negeri I Takalar. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi tingkat pengetahuan agama
Islam di SMA Negeri I Takalar, untuk mendeskripsikan kualitas perilaku beragama
peserta didik di SMA Negeri I Takalar, juga untuk menemukan, mengidentifikasi,
dan merumuskan apakah ada korelasi antara tingkat pengetahuan agama Islam
peserta didik dengan kualitas perilaku beragama di SMA Negeri I Takalar.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), juga termasuk
penelitian survei karena menggunakan populasi dan sampel, dan jika dilihat dari
jenis datanya termasuk penelitian kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data
observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Untuk proses analisis data digunakan
analisis deskriptif kuantitatif dan analisis inferensial. Adapun pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teologis-normatif, pedagogis, dan
psikologis. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri I Takalar
berjumlah 309 orang, dan dengan sampel sebanyak 31 peserta didik yang diambil
dengan menggunakan teknik random (acak).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan agama Islam peserta didik
di SMA Negeri I Takalar berada pada kategori tinggi dalam kata lain telah sampai
taraf baik, hal itu disebabkan dari beberapa faktor pendukung antara lain, guru,
lingkungan dan masyarakat sekitar. Perilaku beragama peserta didik SMA Negeri I
Takalar pada kategori sedang atau dengan kata lain belum optimal, karena belum
sepenuhnya mengaplikasikan semua pengetahuan agama yang dipelajarinya. Tidak
ada hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan agama Islam dengan
perilaku beragama peserta didik SMA Negeri I Takalar, berarti tingginya tingkat
pengetahuan agama Islam peserta didik tidak terlalu membawa dampak yang
signifikan terhadap kualitas perilaku beragama peserta didik, meskipun ada sedikit
sumbangsihnya.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Berbagai bentuk kegiatan-kegiatan
keislaman yang telah dikembangkan di SMA Negeri I Takalar hendaklah
dipertahankan, bahkan kalau perlu ditingkatkan dengan berbagai kreativitas yang
mampu menunjang proses pembinaan perilaku beragama bagi peserta didik. 2)
Upaya maksimal yang telah dilakukan pembina kegiatan keislaman dalam
pembinaan perilaku beragama peserta didik juga perlu inovasi dengan semakin
menggali potensi-potensi sumber daya pendidikan yang tersedia guna pembinaan
yang berkelanjutan. 3) Dukungan orang tua dalam bentuk partisipasi aktif pada
setiap kegiatan-kegiatan keislaman hendaklah sejalan dengan program pembinaan
yang dilakukan pembina, terutama keteladanan dan pengawasan dalam lingkungan
keluarga
Tidak tersedia versi lain