Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS: Implementasi Pendidikan Agama Islam (Telaah Faktual Pembelajaran di
SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang)
Penanda Bagikan

Text

TESIS: Implementasi Pendidikan Agama Islam (Telaah Faktual Pembelajaran di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang)

Satriani - Nama Orang;

Tesis ini berjudul ‚Implementasi Pendidikan Agama Islam (Telaah Faktual
Pembelajaran di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang)‛. Penelitian ini
bertujuan adalah untuk mengetahui: (1) Realitas implementasi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang; (2)
Faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang; (3) Upaya solutif dalam
mengatasi hambatan pengimplementasian komponen pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang; (4) Dampak
implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua
Kabupaten Pinrang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena penelitian ini
menggambarkan apa adanya sesuai apa yang terjadi di lapangan/lokasi penelitian.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan pedagogis, dan
pendekatan interaksi simbolik. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu
sumber data primer yaitu kepala sekolah, 2 guru Pendidikan Agama Islam, 8 peserta
didik dan sumber data sekunder yaitu dalam bentuk dokumen seperti buku sumber
ajar, silabus, RPP dan dokumentasi penting tentang kegiatan pembelajaran di SMP
Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik
pengolahan data dilakukan mulai dari data reduction (reduksi data), data display
(penyajian data) dan conclusion drawing/verification penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Realitas implementasi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten
Pinrang yaitu mengimplementasikan kurikulum KTSP, mengimplementasikan
metode pembelajaran berupa metode ceramah, penugasan, tanya jawab, dan
demonstrasi. Pengimplementasian pembelajaran tersebut telah direncanakan sebelumnya oleh guru yang dituangkan dalam Perangkat Persiapan Pembelajaran
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang termuat di dalamnya antara
lain Silabus dan RPP yang merupakan hasil MGMP dan kegiatan terakhir adalah
evaluasi. (2) Faktor pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang terdiri dari berbagai macam faktor yaitu
adanya tata tertib sekolah yang berlaku dan pembagian sumber belajar berupa buku
paket secara gratis kepada peserta didik, adapun faktor penghambat implementasi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten
Pinrang terdiri dari berbagai macam faktor terutama alokasi waktu yang relatifsedikit, sarana dan prasarana yang kurang memadai dan kurangnya minat dan
perhatian peserta didik. (3) Upaya solutif dalam mengatasi hambatan
pengimplementasian komponen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang yaitu mengupayakan pengadaan sarana
dan prasarana yang memadai dan menumbuhkan minat dan perhatian peserta didik
dengan cara meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan pembinaan dan
pengembangan profesi guru. (4) Dampak implementasi pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang dapat terlihat dari
dampak positif, bisa dilihat dari keaktifan/kehadiran peserta didik di dalam kelas,
pengembangan kerja sama, penumbuhan rasa percaya diri dan pengembangan
intelektual peserta didik. Selain berdampak pada peserta didik, pihak sekolah
termasuk gurupun merasakan dampak dari pengimplementasian komponen
pembelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut dengan adanya penguasaan dan
pemantapan pada materi mengajar mereka. Dampak negatif, bisa dilihat pada
kurangnya pemahaman peserta didik terhadap aspek afektif dan psikmotorik pada
Pendidikan Agama Islam.
Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Untuk guru khususnya guru
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang agar
senantiasa membina dan mengembangkan kompetensi yang mereka miliki dengan
mengikuti kegiatan pembinaan dan profesi guru. (2) Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap pengimplementasian
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten
Pinrang. Hal ini mengindikasikan bahwa faktor lain di luar kompetensi guru dan
motivasi peserta didik juga turut berpengaruh terhadap pengimplementasian
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten
Pinrang. Maka disarankan untuk terus mengadakan penelitian yang berkaitan dengan
implementasi Pendidikan Agama Islam. (3) Kerjasama dari semua pihak termasuk
pihak sekolah, keluarga dan masyarakat sangat diperlukan agar pengimplementasian
komponen pembelajaran khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam berjalan
lancar dan mencapai tujuan yang diinginkan.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
NN./
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?