Text
TESIS: Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Meningkatkan Akhlak Mulia pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Parepare
Tesis ini membahas tentang implementasi pendidikan agama Islam dalam
upaya meningkatkan akhlak mulia pada pada peserta didik SMA Negeri 1 Parepare.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan akhlak mulia pada peserta didik SMA Negeri 1 Parepare;
(2) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan
akhlak mulia pada peserta didik SMA Negeri 1 Parepare; dan (3) untuk mengetahui
hasil pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Parepare.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan teologis normatif, pendekatan pedagogis dan pendekatan psikologis.
Metode pengumpalan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Instrument peneliatian, yaitu
pedoman observasi, pedoman wawancara, dan catatan dokumentasi. Analisis data
dengan langkah-lagkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan akhlak mulia pada peserta didik SMA Negeri 1 Parepare
yaitu melalui pengembangan materi pendidikan agama Islam dalam kegiatan
intrakurikuler dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan penerapan
pembinaan praktis yang mengarah pada upaya meningkatkan dan memperluas
pengetahuan keagamaan peserta didik yang memberi manfaat terhadap peningkatan
akhlak mulia, bakat dan kreatifitas peserta didik SMA Negeri I Parepare; (2), faktor
pendukung yaitu jaminan dalam Undang Undang RI tentang sistem pendidikan
nasional, profesionalitas guru pendidikan agama Islam kegiatan ekstrakurikuler
keagamaan makin meningkat, dan partisipasi peserta didik, guru BK dan
masyarakat yang cukup besar; faktor penghambat berkaiatan dengan jumlah jam
pelajaran pendidikan agama Islam yang terbatas, sarana kurang memadai, rendahnya
minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik; (3) hasil pelaksanaan
pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Parepare yaitu meningkatnya akhlak
mulia peserta didik dan meningkatnya hasil belajar peserta didik.
.Implikasi penelitian; (1) perlu ditingkatkan langkah-langkah kongkrit dalam
meningkatkan profesionalitas guru pendidikan agama Islam melalui pelatihan,
mengikuti seminar dan lokakarya bagi para guru. (2) Peningkatan akhlak mulia dan
langkah strategis paling ampuh jika pendekatan keagamaan lebih dikedepankan
pada setiap kegiatan intraksi dengan peserta didik. (3) Sebaiknya guru pendidikan
agama Islam memiliki kapabilitas yang cukup dalam bidanganya, sehingga dapat
memecahkan segala aspek masalah yang dihadapi peserta didik, agar peserta didik
betah belajar pendidikan agama Islam.
Tidak tersedia versi lain