Text
TESIS: Implementasi Profesionalisme Dosen Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran di Universitas Andi Djemma Palopo
Profesionalisme dosen PAI di perguruan tinggi merupakan hal yang penting
dalam kemajuan kependidikan. Tujuan yang akan dicapai adalah: (1) untuk
mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di universitas Andi
Djemma Palopo. Tujuan profesionalisme dosen PAI dalam proses pembelajaran
dapat memberi pengaruh positif kepada mahasiswa dalam peningkatan pemahaman
dan pengetahuan ajaran Islam, (2) untuk mengoptimalakan profesionalisme dosen
PAI terhadap keagamamaan mahasiswa dalam proses belajar mengajar di UNANDA;
(3) untuk meningkatkan Profesionalisme dosen PAI dalam proses pembelajaran di di
UNANDA Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni penelitian yang akan
menjelaskan secara menyeluruh aspek-aspek yang diteliti dengan menggunakan tiga
Pendekatan, pertama pendekatan paedagogis adalah untuk mengetahui kemampuan
pendidik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, keduaPendekatan
Teologis normatif yang digunakan untuk memahami kerangka teologis sebagai
landasan profesionalisme dosen dalam meningkatkan mutu dan SDM pengajaran
Pendidikan Agama Islam di Universitas Andi Djemma.Ketiga, Pendekatan Yuridis
tentang Perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan harus dimiliki sebagai pedoman
penyelenggaraan, struktur organisasi dan peningkatan mutu pendidikan.Penelitian
ini adalah studi lapangan (field study), yang menggunakan teknik pengumpulan data
observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Ketiga metode tersebut kemudian
di interpretasikan berdasarkan fakta untuk mendapatkan hasil penelitian yang
berdasarkan pada realita dilapangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran PAI di UNANDA
menggunakan metode ceramah dan seminar diskusi dengan bobot Kredit 3 SKS,
menggunakan panduan GBPP/SAP yang telah disepakati antara dosen PAI dengan
Fakultas. Mata Kuliah PAI merupakan MKDU/MPK (Mata Kuliah Dasar Umum/
Mata Kuliah Pengembangan Keperibadian).Tingkat profesionalisme dosen PAI di
UNANDA belum sepenuhnya memenuhi standar Kompetensi Guru dan Dosen didalamUndang-Undang nomor 14 tahun 2005. Dosen PAI di UNANDA berstatus LB
(luar biasa) artinya dosen PAI direkrut dari perguruan tinggi Islam seperti STAIN
sedangkan dosen Tetap di UNANDA belum ditetapkan. Proses pembelajaran PAI di
Universitas Andi Djemma Palopo diserahkan kepada dosen yang bersangkutan atau
yang dipekerjakan. Sedangkan upaya lembaga perguruan Tinggi UNANDA dalam
meningkatkan profesionalisme dosennya khususnya dosen PAI belum ada perhatian.
Implikasi dari perguruan tinggi dalam menghasilkan sumberdaya manusia
yang berkualitas serta lulusan perguruan tinggi yang berkualitas
dibidangnya.Perguruan tinggi Universitas Andi Djemma Palopo merupakan tumpuan
dan harapan masyarakat, karena lulusannya diharapkan mampu membawa
pencerahan yang mempengaruhi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan hidup
masyarakat palopo pada khusunya dan masyarakat Indonesia umumnya. UNANDA
untuk meningkatkan kualitas pendidikannya maka yang perlu diperhatikan;
pertama, segera membentuk dan menetapkan dosen MKDU/MPK khususnya dosen
PAI agar pembinaan mahasiswa lebih terarah; kedua, menyediakan sarana dan
prasarana ibadah; ketiga pembentukan administrasi MKDU/MPK sebagaimana
perguruan tinggi umum lainnya; keempat, menyediakan dan membentuk pelatihan
khusus dosen di UNANDA. Peningkatan profesionlisme dosen PAI merupakan
implikasi pada proses pembelajaran di kampus, yang mengutamakan pengaplikasian
nilai-nilai keimanan pada sikap dan perilaku mahasiswa di dalam kehidupannya.
Pembaharuan dari proses pembelajaran kognitif ke penanaman nilai-nilai ajaran
Islam bagi mahasiswa sangat berdampak positif terhadap pengembangan diri
mahasiswa dan lembaga UNANDA sebagai perguruan tinggi di Luwu.
Tidak tersedia versi lain