Text
TESIS: Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru Bidang Studi al-Qur'an Hadis pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Ambon
Tesis ini berjudul persepsi peserta didik tentang keterampilan dasar mengajar
guru bidang studi al-Qur'an Hadis pada MA Negeri 1 Ambon. Untuk mengetahui
pandangan peserta didik tentang kegiatan pembelajaran guru bidang studi al-Qur’an
Hadis pada MA Negeri 1 Ambon. Untuk mengetahui pandangan peserta didik
tentang keterampilan dasar mengajar guru bidang studi al-Qur’an Hadis pada MA
Negeri 1 Ambon.
Metode penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan analisis
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode pendekatan yaitu pendekatan pedagogis,
pendekatan psikologis dan pendekatan fenomenologis. Sumber data primer terdiri
atas peserta didik, sedangkan sumber data skunder yaitu file dan domumen
madrasah. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data
yaitu: observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan
adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bidang studi al-Qur’an
Hadis pada MA Negeri 1 Ambon dalam pandangan peserta didik adalah
telah melakukan kegiatan belajar dengan metode belajar bersama, hafalan,
mengimla, belajar mandiri, ceramah, dan belajar terbimbing. Dalam
kegiatan terprogram diketahui bahwa kegiatan yang harus diikuti oleh
peserta didik adalah tadarus sebelum memulai proses pembelajaran,
kegiatan belajar kelompok, shalat jum’at di madrasah, dan pesantren kilat di
bulan ramadhan. Pandangan peserta didik tentang keterampilan dasar
mengajar guru adalah sebagai berikut: bahwa pada umumnya para guru telah
melaksanakan berbagai keterampilan dasar dalam pembelajaran walaupun
masih terdapat kekurangan dalam keterampilan tertentu yang perlu
ditingkatkan seperti keterampilan memberikan penguatan, mengadakan
variasi, membimbing diskusi dan mengajar perorangan. Hasil pengamatan
peserta didik dengan menggunakan pedoman observasi, apabila dilihat dari
nilai rata-rata, maka didapatkan nilai 62,49%, artinya keterampilan dasar
mengajar guru bidang studi al-Qur'an Hadis MA Negeri 1 Ambon masuk
dalam kategori Memenuhi Standar.xiv
Implikasi dari peneliti ingin memberikan saran kepada pihak
madrasah serta guru-guru agar senantiasa memperhatikan keterampilan
dasar mengajarnya dan kualitas keilmuannya untuk selalu menjaga dan
meningkatkan profesionalitas keilmuan yang dimiliki.
Tidak tersedia versi lain